Sejak Masuknya Wabah Korona, 40 Tenaga Medis Kota Tangerang Terkonfirmasi Positif Covid-19

Joe
11 Jun 2020 18:00
2 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) — Sejak merebaknya virus covid-19 di Kota Tangerang, sudah 40 tenaga kesehatan yang tercatat positif covid-19. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr. Liza Puspadewi saat ditemui SuaraBantenNews di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Kamis (11/6/20).

“Tenaga kesehatan di Kota Tangerang [yang positif covid-19] ada 40 dan itu sudah sembuh semua,” katanya.

Liza menambahkan, jumlah 40 tenaga kesehatan (nakes) yang positif covid-19 tersebut tercatat sejak wabah covid-19 merebak di Kota Tangerang.

“Itu dari bulan Maret dan saat itu terdapat di salah satu Rumah Sakit (RS) besar di Kota Tangerang yang banyak sekali nakes yang kena,” ucap Liza.

Liza pun mengakui terpaparnya nakes tersebut lantaran kurangnya persiapan dalam penanganan covid-19 di Kota Tangerang.

Menurut Liza, mereka yang terpapar tersebut merupakan nakes yang membandel dan kurang memperhatikan aturan pelaksanakan pencegahan penularan inveksi (PPI) yang telah ditetapkan.

“Jika patuh dan taat terhadap aturan pelaksanakan PPI, para nakes tersebut tidak akan tertular karena semua sudah dilindungi. Bayangin aja, udah kayak astronot begitu. Contohnya, saat dia membukanya harusnya sesuai aturan yang tertera di PPI. Contohnya saat membuka baju harus dari belakang ke depan,” katanya.

Berdasarkan data yang tertera pada situs covid19.tangerangkota.go.id, per Kamis (11 Juni 2020) terdapat 408 kasus terkonfimasi dengan 121 di antaranya masih dalam perawatan, 257 sembuh, dan 30 meninggal dunia. Juga tercatat 1.117 orang tanpa gejala (OTG), 2.689 orang dalam pemantauan (ODP), dan 1.033 orang dalam pengawasan (ODP). (Yadi/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan