Jelang Iduladha, DKP Kota Tangerang Siapkan Protokol Jual Beli Hewan Kurban

Joe
7 Jul 2020 16:52
1 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) — Menjelang Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah atau 2020 Masehi, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang menyiapkan protokol transaksi jual beli hewan kurban di tengah pandemi covid-19.

“Hewan kurbannya kita periksa kesehatannya. Nanti transaksi jual belinya kita akan pakai jarak dan pakai masker,” ujar Kepala DKP Kota Tangerang Abduh Surahman saat dihubungi SuaraBantenNews, Selasa, 7 Juli 2020.

Abduh menuturkan, dia pun akan memeriksa para pedagang agar transaksi mereka benar-benar aman.

“Para pedagang juga akan diperikasa. Kita telah minta bantuan dari Dinas Sosial untuk diperiksa juga,” katanya.

Dia mengaku, tidak memberikan aturan khusus bagi para pelaku usaha ataupun pembeli dan yang penting juga mereka menyediakan tempat cuci tangan.

Untuk hewan, terang Abduh, tidak ada tes khusus, seperti rapid test atau swab test, melainkan hanya pemeriksaan secara umum.

“Kita sih meriksa pada sisi kesehatan hewan secara umum aja, seperti misalnya kulitnya bagus mulus atau enggak gitu. Kalau pada sisi usia, kita lihat juga di giginya apakah sudah cukup umur atau tidak. Pokoknya, penyakit hewan biasa lah seperti penyakit kuku dan mulut (PMK), itu kita periksa,” jelasnya.

Abduh mengaku hingga kini belum mengetahui jumlah lapak hewan menjelang Iduladha 2020, namun pada 2019 lalu ada 200 lapak. (Yadi/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan