Begini Cara Ampuh Pemkab Tangerang Pulihkan Kondisi Ekonomi Dampak Covid-19

Ramzy
27 Agu 2020 12:56
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Pemerintah Kabupaten Tangerang berupaya memulihkan ekonomi dampak Covid-19. Ada 4 skema yang digunakan, yakni bantuan subsidi bunga, bantuan pertanian, bantuan perikanan dan bantuan permodalan melalui aplikasi SIBAMAS (sistem bantuan masyarakat).

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dalam launching program penanganan bantuan dampak Covid-19 secara virtual di Pendopo Bupati Tangerang, Rabu, 26 Agustus 2020.

Zaki menjelaskan, skema bantuan subsidi bunga memberikan bantuan subsidi bunga kepada debitur atau nasabah BUMD Kabupaten Tangerang yang meliputi Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Artha Kerta Raharja, BPR Kerta Raharja, serta nasabah UPTD Pendanaan Dana Bergulir (UPDB) Dinas Koperasi Kabupaten Tangerang.

“Dengan skema yang dibayarkan oleh APBD Kabupaten Tangerang dimulai bulan Maret sampai dengan bulan Desember 2020,” jelasnya.

Adapun, kata Zaki, untuk skema bantuan pertanian dilakukan untuk membantu sektor usaha pertanian sebagai upaya dari pengurangan dampak ekonomi pasca Covid-19. Para petani dan peternak diberi bantuan dimulai dari pemberian sarana prasarana, pembelian produksi gabah atau beras petani, pengadaan cadangan pangan, hingga pengembangan usaha peternakan dan pertanian.

“Skema bantuan ini nantinya diharapkan terwujudnya ketahanan pangan masyarakat Kabupaten Tangerang dan keberlanjutan usaha sektor pertanian dan peternakan tetap dapat berjalan,” ungkap Zaki.

Zaki melanjutkan, skema bantuan perikanan, skema ini bertujuan untuk membantu sektor keberlanjutan usaha perikanan yang meliputi nelayan, pembudidaya dan pengolah ikan. Pada sektor ini kegiatan ketahanan pangan dalam pemenuhan kebutuhan protein masyarakat serta keberlangsungan kegiatan perikanan seperti penangkapan budidaya ikan serta pengolahan ikan dapat berjalan.

Sementara, skema bantuan permodalan melalui aplikasi Sstem Bantuan Masyarakat (SIBAMAS) merupakan rancangan program dari pemkab Tangerang untuk masyarakat Kabupaten Tangerang, khususnya sebagai upaya peningkatan usaha mikro kecil dan tenaga kerja yang terdampak PHK akibat Covid-19 di Kabupaten Tangerang.

“Melalui program bantuan permodalan ini akan dibagikan kepada masyarakat Kabupaten Tangerang dengan mekanisme bantuan sebesar 5 sampai 10 juta Rupiah. Kami sediakan bantuan permodalan tersebut untuk 3000 orang,” tuturnya.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan