Dinkes Cilegon Siapkan Rifaskes 2019

Ramzy
29 Apr 2019 13:56
2 menit membaca

CILEGON – Dinas Kesehatan Kota Cilegon mulai mempersiapkan riset fasilitas kesehatan (Rifaskes) 2019 yang akan dilaksanakan 28 April sampai 29 mei 2019 mendatang.

Penanggung Jawab Operasional (PJO) Kota Cilegon Faruk Oktavian mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menyusun penguatan capaian Universal Health Coverage dan perbaikan JKN. Populasi Rifaskes adalah fasilitas pelayanan kesehatan dengan sampel seluruh Puskesmas.

Untuk Rumah Sakit, Klinik, Apotek, Laboratorium Kesehatan, Dokter Praktek Mandiri dipilih secara Random Sampling sedangkan Bidan Praktek dipilih secara sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan pengamatan.

“Hari ini di mulai dari pengumpulan data akan dimulai dari puskesmas cibeber dan puskesmas jombang. Team yang akan turun ke lapangan terbagi 2 team, dan 1 team berjumlah 2 orang,” ungkap Faruq, Minggu (28/4/2019).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon Arriadna menyampaikan, cakupan kesehatan semesta, bukan hanya pencapaian jumlah orang yang dicakup oleh JKN, melainkan suatu rangkaian upaya yang holistik, strategis, dan integral dari semua upaya pembangunan kesehatan pada seluruh tahapan siklus kehidupan manusia.

Cakupan kesehatan semesta juga sangat berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), yang mentargetkan bahwa pada tahun 2030 tidak satupun orang yang tidak menikmati hasil pembangunan berkelanjutan.

“Karena riset ini akan menghasilkan data yang berkualitas dalam menghasilkan rekomendasi kebijkan untuk penguatan pencapaian layanan kesehatan semesta (Universal Helth Coverage/UHC), Serta sebagai perbaikan pelaksanaan jaminan kesehatan nasional,” tandasnya.(wan)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan