Tahun 2020, Disdukcapil Cilegon Terapkan Tanda Tangan Elektronik

Ramzy
18 Mei 2019 20:29
2 menit membaca

CILEGON (SBN)-, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cilegon menerapkan tanda tangan elektronik atau digital pada Kartu Keluarga dan akta kelahiran. Langkah tersebut dilakukan untuk mempermudah pelayanan bagi masyarakat.

“Penerapan terobosan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat,” kata Kepala Disdukcapil Kota Cilegon Soleh saat dikonfirmasi, Jumat (17/5/19).

Ia mengatakan tanda tangan elektronik atau digital ini menggunakan sistem yang canggih. Pada 2019 ini, kata dia, Pemkot Cilegon melakukan uji coba penyesuaian kondisi dan kelemahan dari sistem baru ini yang secara keseluruhan akan diterapkan di 2020 mendatang.

“Dokumen yang diterbitkan ini sudah sah, karena telah dijamin keabsahannya oleh badan yang bertanggung jawab dalam bidang ini ,” terang Soleh.

Ia mengakui tanda tangan elektronik ini bukan layaknya tanda tangan pada umumnya. Namun, kata dia, bentuk dari tanda tangan tersebut berupa barcode yang kerahasiaan dan keamanannya telah terjamin oleh BSRE dan BSSN.

Dia berharap, penerapan sistem ini dapat meningkatkan layanan kepada masyarakat menjadi lebih efektif. Serta memudahkan masyarakat atas mobilitas yang dilakukan.

“Misalnya saya ada tugas di luar juga tidak ada tanggungan untuk menandatangani KK ataupun akte. Jadi saya punya sebuah aplikasi yang tersambung kemudian dengan mudah menerapkan agar pelayanan tetap jalan,” imbuh dia.

Kepala Bidang Data Kependudukan Disdukcapil Kota Cilegon Abdullah mengatakan, penerapan sistem itu pastinya akan terdapat perbedaan pada sisi tampilan dokumen penting ini.

Ia mengatakan, sudah tidak ada dalam kolom tandatangan basah kepala dinas dan cap dari disdukcapil. Melainkan, lanjut dia, diganti dengan sebuah barcode yang telah disahkan oleh instansi terkait.

“Pada 2019 ini akan kami terapkan secara bertahap pada 8 kecamatan, tapi ini perlu fasilitas yang memadahi,” kata Abdullah. (wawan/don).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan