PWI Banten Gelar Karya Latih Wartawan

Ramzy
4 Jul 2019 16:38
2 menit membaca

CILEGON (SBN)-, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten menggelar Karya Latih Wartawan (KLW) di Journalist Boarding School (JBS) atau Pusdiklat PWI Banten di Lingkungan Krotek, Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Kamis (4/7/19). KLW merupakan jenjang penerimaan dan peningkatan status keanggotaan di organisasi pers tertua di Indonesia itu.

KLW tahun 2019 diikuti sebanyak 41 wartawan dari kota/kabupaten di Provinsi Banten. Jenjang KLW yang diselenggarakan yakni KLW dasar sebagai syarat masuk menjadi anggota PWI. Dan KLW lanjutan untuk peningkatan status keanggotaan.

Ketua Pelaksana KLW PWI Provinsi Banten Ahmad Fauzi Chan mengatakan, KLW merupakan program kerja PWI Provinsi Banten. Kegiatan itu, kata dia, menjadi representasi bagi wartawan yang melaksanakan tugas peliputan di wilayah Provinsi Banten.

“Mudah-mudahan KLW ini bisa jadi representasi bagi wartawan se-Banten, semoga semua diberi kelancaran dan lulus dalam mengikuti ujian KLW,” ujar Ichan, sapaan akrab Ahmad Fauzi Chan.

DI tempat yang sama Ketua PWI Provinsi Banten Rian Nopandra mengatakan, PWI merupakan salah satu organisasi profesi wartawan yang diakui Dewan Pers. Oleh karenanya, kata dia, PWI bertanggung jawab untuk melahirkan kader wartawan yang profesional dan menjunjung tinggi kode etik dalam setiap kegiatan jurnalistik.

Opan, panggilan karib Rian Nopandra, juga menyampaikan, wartawan merupakan profesi yang memilki martabat. Sehingga, ujar dia, sebagai pencari berita, wartawan harus tergabung dengan salah satu organisasi profesi yang memiliki legitimasi yang jelas dari Dewan Pers.

“Wartawan harus jelas memilih organisasi resmi, salah satunya adalah PWI,” kata dia.

Selain kegiatan KLW, Opan menjelaskan, selanjutnya program yang akan dilaksanakan PWI Provinsi Banten adalah meningkatkan mutu dan kompetensi wartawan melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW). (rls/don).

 

 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan