Sering Bawa Beras dan Alat Masak, Jemaah Calhaj Serang Diberi Arahan

Ramzy
8 Jul 2019 21:50
2 menit membaca

Ilustrasi barang bawaan jemaah calon haji

SERANG (SBN)-, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Serang mewanti-wanti jemaah calon haji untuk mematuhi peraturan mengenai barang bawaan.

Kepala Seksi Haji dan Umroh pada Kemenag Kabupaten Serang Kokom Qomariyah mengatakan, jemaah calon haji kerap membawa beras dan peralatan memasak. Padahal, kata dia, segala perlengkapan untuk keperluan jemaah calon haji sudah disiapkan.

“Untuk barang bawaan tas ukuran besar maksimal 32 kilogram dan tas yang kecil 7 kilogram,” kata dia, Senin (8/7/19).

Kokom menyampaikan, kewenangan pemeriksaan barang bawaan jemaah calon haji dilaksanakan di asrama Pondok Gede, Bekasi. Kemenag wilayah, lanjut dia, hanya berwenang memberikan arahan dan sosialiasi peraturan.

Kokom kemudian menjelaskan, pemberangkatan jemaah calon haji asal Kabupaten Serang akan dilaksanakan pada Minggu, (14/7/19). Keberangkatan, Kokom berujar, akan dilepas Bupati Serang Tatu Chasanah di Pendopo Bupati Serang. .

“Di Kabupaten Serang ada 5 kali pemberangkatan dan jumlah jemaah calon haji mencapai 1066 orang,” ujarnya.

Sementara itu, di Kota Serang, sebanyak 887 jemaah calon haji akan mulai diberangkatkan pada 19 Juli 2019. Kelompok terbang pertama yang diberangkatkan berjumlah 393 orang. Esoknya, gelombang kedua diberangkatkan dengan jumlah jemaah yang sama.

“Pemberangakatan ini akan dilaksanakan di Pusat Pemerintahan Kota Serang,” kata Kepala Seksi Haji dan Umroh Kemenag Kota Serang Hariri.

Hariri menambahkan, keberangkatan jemaah calon haji dibagi 4 gelombang. Gelombang ketiga sebanyak 108 jemaah akan berangkat 1 Agustus 2019. Sedangkan gelombang keempat hanya sebanyak 9 jemaah dan berangkat pada 4 Agustus 2019. (hendra/don).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan