Bangun Mental dan Perilaku Sehat, Dindik Adakan Jambore Sanitasi

Joe
27 Sep 2019 16:22
2 menit membaca

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Imam Sutopo menyampaikan materi dalam Jambore Sanitasi 2019, Kamis (26/09/19)

Tangerang (SBN) – Untuk mendorong peningkatan peran serta masyarakat untuk hidup bersih dan sehat, Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Tangerang menyelenggarakan Jambore Sanitasi 2019, 26–27 September, di Gedung Serba Guna (GSG) Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Dalam Jambore tersebut, program untuk mengubah perilaku masyarakat untuk hidup bersih, sehat, dan nyaman diterapkan sejak usia dini kepada siswa-siswi tingkat SD dan SMP.

Para peserta yang terdiri dari siswa-siswi SD dan SMP itu dibagi ke dalam 10 gugus
satu gugusnya terdiri atas 10 anak.

Tujuan kegiatan Jambore Sanitasi ini adalah untuk membangun mental dan perilaku yang sehat. Sebagai agen perubahan (agent of change), siswa-siswi diajarkan tentang pentingnya hidup bersih dan sehat melalui sanitasi yang baik.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Imam Sutopo mengatakan, sebagai agen perubahan, para siswi diharapkan dapat menularkan pengetahuan dan perilaku hidup bersih dan sehat kepada sahabat-sahabatnya, baik di rumah, di sekolah, maupun di luar sekolah. Termasuk pengetahuan tentang cara baru mengolah sampah dan mendaur ulang sampah.

“Alhamdulillah, anak-anak mengikutinya dengan baik dan tidak lagi mengikuti cara lama berkat edukasi yang diterapkan di sekolah-sekolah tingkat SD dan SMP,” tuturnya.

Kesuksesan program Bupati Tangerang yang salah satunya Sanitasi Sekolah (Sanisek) ini menjadi satu – satunya di Indonesia. Sekolah di Kabupaten Tangerang menjadi contoh sekolah yang bersih, sehat, dan nyaman.

Kepala Seksi Kurikulum Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Sigit Jatmiko menambahkan, manfaat kegiatan ini bisa dilihat. Beberapa siswa yang tidak pernah membawa botol air minum ke sekolah, sekarang jadi terbiasa membawa botol air minum. (Sadi/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan