Jaga Ketersediaan Darah, 60 Pegawai RSUD Cilegon Donorkan Darahnya

Joe
13 Mar 2020 09:50
2 menit membaca

CILEGON (SBN) — Manajemen RSUD Kota Cilegon mengadakan bakti sosial donor darah bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan RSUD Kota Cilegon demi menjaga ketersediaan stok darah. Donor berlangsung hingga hari ini, Jumat (13 Maret 2020).

Plt. RSUD dr. Arriadna mengatakan kegiatan donor itu diharapkan mampu menumbuhkembangkan kesadaran diri masing-masing pegawai tentang pentingnya arti tolong-menolong terhadap sesama, sekaligus menjaga stok darah tetap ada.

“Kami mengajak seluruh masyarakat dan karyawan RSUD untuk mendonorkan darahnya guna memenuhi kebutuhan stok darah. Ketersediaan fasilitas, sarana dan prasarana kesehatan, termasuk darah, sangat dibutuhkan.  Masyarakat juga punya peran penting dalam menjamin ketersediaan darah dalam jumlah yang cukup dan berkualitas,” ujar Arriadna, Jumat (13 Maret 2020).

Darah merupakan materi biologis yang hidup dan belum dapat diproduksi di luar tubuh manusia. Artinya, ketersediaan darah di sarana kesehatan sangat ditentukan oleh partisipasi masyarakat dalam mendonorkan darahnya.

Arriadna juga sangat menghargai  para pendonor atas sumbangan darahnya. Ia juga memotivasi para  pendonor darah agar terus menyumbangkan darahnya secara teratur serta  memotivasi masyarakat yang belum pernah melakukan donor darah  untuk mencoba mendonorkan darahnya, khususnya kaum muda.

Koordinator kegiatan donor darah RSUD kota Cilegon, dr. H. Faisal Rahmani mengatakan kegiatan Donor darah ini rutin dilakukan setiap tiga bulan dan bekerja sama dengan UTD (Unit Transfusi Darah) PMI Kota cilegon.

Donor darah kali ini diikuti oleh lebih dari 60 orang donor yang terdiri dari dokter, bidan, perawat, staf manajemen, dan masyarakat umum.

“Kegiatan donor darah ini merupakan bukti kepedulian karyawan RSUD  terhadap sesama yang membutuhkan darah, selain itu juga dapat menyehatkan bagi pendonor itu sendiri ” tutup Faisal. (Wawan/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan