BPBD Kabupaten Tangerang Punya Tugas Baru

Ramzy
9 Des 2019 12:12
2 menit membaca

TANGERANG (SBN) — Terhitung sejak awal November 2019 hingga kini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang mendapat tugas baru yakni memusnahkan sarang tawon di berbagai daerah di Kabupaten Tangerang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Bencana BPBD Kabupaten Tangerang, Kosrudin mengatakan, selama satu bulan terakhiri ini sudah ada sekitar 30 sarang tawon yang berhasil dimusnahkan oleh BPBD Kabupaten Tangerang. Hampir setia hari, kata dia, terdapat satu hingga dua sarang tawon yang berhasil dimusnahkan.

“Ini biasanya migrasi, bisa dari Negara Afrika dan Australia yang mampir ke Indonesia dan membuat sarang,” tandasnya, Senin, 9 Desember 2019.

Ia menyebut sarang yang dibuat oleh ribuan tawon jenis Vespa Affinis ini dapat tumbuh besar dalam waktu satu hingga dua hari. Biasanya, kawanan tawon membuat sarang bisa di depan rumah, dapur, torn air, tanaman hias, tiang listrik, pohon dan sarana lain.

Secara pasti, pihaknya belum mengetahui dari mana kedatangan tawon tersebut. Namun, kata dia, berdasarkan pengamatan, mereka berdatangan tidak sepanjang tahun, berarti migrasi antar negara yang transite di Negara Indonesia.

“Mulai dari Provinsi Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat BPBD disibukkan dengan memberantas sarang tawon,” ujarnya.

Kosrudin menjelaskan, berdasarkan laporan di lapangan, untuk korban yang tersengat tawon selama ini terhitung sudah sekitar lima orang. Namun, kata dia korban tidak sampai meninggal, hanya terkena sengatan saja.

“Kawanan tawon menyengat karena dilempari dengan batu dan tindakan lain yang membuat mereka merasa terusik,” tutupnya.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan