Kereta Api Serang–Merak Bakal Melaju Lebih Cepat

  • Whatsapp
Berita Banten, Berita Banten Terbaru, Berita Banten Hari Ini, Berita Serang, Berita Serang Terbaru, Berita Serang Hari Ini, Berita Kereta Api: Kereta Api Serang–Merak Bakal Melaju Lebih Cepat
Rombongan anggota Komisi V DPR RI dan pejabat Kementerian Perhubungan saat meninjau Stasiun Serang (Hendra/SuaraBantenNews)

SERANG (SBN) — Kecepatan kereta api Serang-merak direncanakan akan ditingkatkan agar bisa melaju lebih cepat tahun ini. Hal tersebut terungkap saat kunjungan anggota Komisi V DPR RI bersama pejabat Kementerian Perhubungan di Stasiun Serang, Jumat (5/2/2021).

Ketua komisi V DPR RI Lasarus mengatakan kedatangannya ke Serang adalah untuk melihat apakah pergantian bantalan rel kereta api di jalur Serang–Merak akan membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Read More

“Kami ingin memastikan apakah pembangunan ini bisa membawa ke arah yang lebih baik kepada masyarakat dalam konteks pertumbuhan pengangkutan kereta api, mengurangi waktu tempuh, sampai pada penambahan trip perjalanan kereta api itu sendiri,” ujarnya.

Dia menambahkan, jalur dari Rangkas Bitung sampai Kota Serang sudah selesai dilakukan peningkatan kecepatan tahun kemarin. Untuk tahun ini proses pengerjaan peningkatan kecepatan akan dilakukan untuk jalur Kota Serang sampai Merak.

“Jadi, memang proses pengerjaannya bertahap, sesuai dengan kemampuan APBN kita. Nah, tahap pembangunan yang dilakukan ini sampai bulan September 2021 harus selesai,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dirjen Prasarana Kemenhub Heru Wisnu mengatakan pihaknya meminta dukungan kepada Komisi V DPR RI terkait penganggaran pembangunan tersebut.

“Jadi, dari Rangkas Bitung sampai Merak, kurang lebih 60 kilometer, akan kita selesaikan dalam 2 tahun, yaitu 2020 dan 2021. Pada 2020, dari Rangkas sampai Serang sudah selesai. Kemudian, kita akan lanjutkan sampai Merak dan tahun ini akan selesai. Sekitar September,” katanya.

Tetapi, sambungnya, ini masih single track. Untuk membangun double track, pihaknya punya perhitungan mengenai kapasitas dan segmennya.

“Kalau sudah jenuh, baru kita bangun double track. Makanya, pembangunan jalur Serpong–Maja itu bertahap. Sekarang pemerintah memang konsen ke arah sini,” katanya.

Sekretaris Dishub Provinsi Banten Herdi Jauhari mengatakan, dengan adanya peningkatan kecepatan ini, kecepatan kereta bisa mencapai 80 km/jam, sementara sebelumnya 50 km/jam. (Hendra/Atm)

Wartawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *