Warga Kota Serang Bingung Mau Mulai atau Mengembangkan Usaha? ikuti Pembinaan Bersama Gerakan Nusantara Berdaya

  • Whatsapp
Pembinaan Bersama Gerakan Nusantara Berdaya

SERANG (SBN)–Warga Kota Serang ada yang bingung cara memulai usaha?, atau sudah punya usaha namun masih stagnan atau belum bisa berkembang?. Jangan khawatir, Gerakan Nusantara Berdaya (GNB) Kota Serang akan menggelar pembinaan mentoring dan pemberdayaan terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Ketua GNB Kota Serang, Qomi Uthugyan mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar kembali pembinaan dan pemberdayaan UMKM.

“Sebelum pandemi memang kita rutin minimal sebulan sekali, tapi sejak pandemi kita alihkan dengan media zoom, karena sekarang sudah mulai diperbolehkan, jadi kita akan kembali gelar pembinaan secara offline atau tatap muka,” ucapnya saat ditemui di salah satu cafe di Kota Serang, Sabtu (11/6/2022).

“Kita target bulan Juni ini. Juli kita running seperti biasa, karena gedung-gedung juga sudah mulai dibuka kembali semenjak kasus pandemi covid-19 sudah mulai menurun,” ujarnya.

Qomi menjelaskan bahwa pembinaan tersebut terbuka untuk umum, meski sasaran target utamanya adalah anak-anak muda.

“Kalau pembinaan sebelumnya itu peserta sebagian besarnya memilih usaha kuliner, tapi memang ada juga sektor usaha lainnya seperti fashion, kerajinan tangan dan lain sebagainya. Alhamdulillah peserta banyak yang berhasil membuat usaha, bahkan ada beberapa yang sudah kapasitasnya besar,” ujarnya.

Menurutnya, di pembinaan-pembinaan sebelumnya peserta ada yang baru mau mulai dan ada juga yang sudah mulai usaha dan ingin mengembangkannya.

“Pemateri kita ada yang dari internal, pengusaha lokal yang kapasitasnya memumpuni atau dari profesional. Kita sesuaikan dengan tema,” katanya.

Sementra itu, sekretaris GNB Provinsi Banten, Agus Munandar mengatakan bahwa gerakan yang konsen terhadap pemberdayaan UMKM tersebut lahir sejak awal tahun 2019 lalu.

“Kalau di Banten itu cabangnya sudah ada di Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Tangerang,” katanya.

Menurut yang juga Ketua ICMI Kota Serang ini, kegiatan tersebut tidak hanya pelatihan yang sifatnya formal saja, namun akan terus didampingi hingga berhasil.

“Jadi gerakan ini kita mengumpulkan, memberikan motivasi, menggambarkan teknis-teknisnya bagaimana cara memulai, pengemasan, mendampingi marketingnya, dan lain-lainnya, dan itu gratis,” katanya.

Agus berharap dengan adanya gerakan tersebut generasi muda dapat berpola pikir tidak mengharapkan bekerja di perusahaan atau pemerintahan, tetapi dapat menciptakan lapangan kerja.

“Dengan begitu, diharapkan dapat mengurangi bahkan menghilangkan pengangguran, apalagi saat ini pemerintah tidak lagi dibolehkan mengangkat honorer baru,” ujarnya.(end)

Wartawan

Related posts