Masyarakat Diimbau Tetap Jaga Imunitas dan Prokes Saat Perayaan Tahun Baru

Masyarakat Diimbau Tetap Jaga Imunitas dan Prokes Saat Perayaan Tahun Baru
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dr Dini Anggraeni.

KOTA TANGERANG (SBN) – Antusiasme masyarakat untuk menikmati momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) diprediksi tinggi. Dengan demikian, semua pihak diimbau agar tetap menjaga protokol kesehatan (prokes). Hal itu disampaikan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dr Dini Anggraeni, terkait menghadapi libur Nataru, Selasa 27 Desember 2022.

Ia mengimbau agar masyarakat tetap menjaga sistem kekebalan tubuh atau imunitas, sebelum beraktivitas ataupun berlibur. Hal tersebut, mengingat situasi masih di tengah pandemi Covid-19, dengan kondisi peningkatan kasus dan munculnya subvarian baru. Walau diketahui, Kota Tangerang berada pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level I.

“Masyarakat Kota Tangerang, walau sedang menikmati libur akhir tahun, ada baiknya untuk tetap rajin olahraga dan tidak melupakan jam istirahat. Sudah pastinya, perlengkapan prokes seperti, hand sanitizer, masker dan lain-lainnya juga digunakan,” ungkap dr Dini.

Lanjutnya, pada perayaan Natal dan Tahun Baru ini, Dinas Kesehatan juga menurunkan 308 petugas kesehatan, yang terlibat dalam tujuh Posko Layanan Terpadu bersama petugas gabungan. Diantaranya, Pospam Robinson Jalan Daan Mogot, Pospam Prambanan Cibodas, Pospam Alam Sutra, Pospam CBD Ciledug, Pospam Tanjung Pasir Teluk Naga, Pos Terpadu Tangerang City dan Posyan Rest Area Km 13.5 Pinang.

“Puskesmas dan UGD 24 jam juga disiagakan khususnya pada lajur arus mudik, yaitu ada enam Puskesmas. Diantaranya, Puskesmas Cikokol, Batuceper, Jatiuwung, Ciledug, Sukasari dan Puskesmas Cipondoh. Semua posko dilengkapi dengna obat-obatan, armada ambulans serta tenaga kesehatan profesional, untuk menjaga kekondusifan perayaan Natal dan Tahun Baru di Kota Tangerang,” papar dr Dini.

Disamping itu, sepanjang libur akhir tahun ini seluruh fasilitas kesehatan seperti Puskesmas dan Rumah Sakit (RS) masih terus membuka layanan vaksinasi Covid-19. Dengan itu, bagi masyarakat Kota Tangerang yang belum vaksinasi untuk segera mendatangi Puskesmas terdekatnya, untuk dapat vaksinasi Covid-19.

“Semua Puskesmas dan RS membuka layanan vaksinasi dosis satu, dua, booster dan booster dua untuk lansia. Terkait jadwal masing-masing puskesmas dapat dilihat melalui link di bio Instagram @dinkes.kotatangerang. Selanjutnya, pilih informasi vaksinasi Covid-19 dan Imunisasi dan pilih puskesmas mana yang ingin dituju,” jelasnya.

Sebagai informasi, per (26/12) capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Tangerang untuk dosis satu sudah diangka 1.659.875 jiwa atau 99,7 persen, dosis dua diangka 1.367.058 jiwa atau 82,1 persen, dosis tiga 836.943 jiwa atau 64,4 persen dan dosis empat diangka 11.408 jiwa atau 9,86 persen.(zie)

Wartawan

Related posts