Jelang Nataru, BPOM Tangerang Periksa Keamanan Makanan

Joe
19 Des 2020 18:31
1 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Untuk menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021, Kantor Badan POM di Kabupaten Tangerang memeriksa sarana distribusi menggunakan mobil laboratorium keliling (mobling). BPOM  memastikan semua makanan aman dari berbagai macam zat berbahaya.

Kepala Badan POM di Kabupaten Tangerang Widya Savitri mengatakan, dalam pemeriksaan sarana distribusi tersebut pihaknya menguji kondisi pangan dengan paramater 4 bahan berbahaya, yaitu formalin, boraks, rhodamin B, dan methanyl yellow. Prosesnya meliputi pengambilan, pengujian sampel, serta pembagian gimmick dan leaflet terkait keamanan pangan.

“Kita gunakan rapid test kit untuk memeriksa pengunjung di beberapa pasar modern di Kabupaten Tangerang,” ujarnya, Sabtu, 19 Desember 2020.

Ia menuturkan, hasil pengujian terhadap 25 sampel diperoleh hasil 24 sampel Memenuhi Syarat (MS) dan 1 sampel diduga mengandung formalin. Oleh karena itu, para pedagang diberikan arahan untuk tidak menjual bahan pangan yang diduga mengandung bahan berbahaya tersebut. Menurutnya, keamanan pangan merupakan tanggung jawab semua pihak.

“Kami senantiasa mengajak masyarakat untuk selalu berhati-hati sebelum membeli produk dengan ingat selalu Cek KLIK: Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa,” ungkapnya.

Widya pun mengimbau, selama masa pandemi covid-19 ini hendaklah selalu menerapkan 4M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. (Restu/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan