Bupati Zaki Resmikan Pelayanan Jantung dan Perinatologi NICU RSUD Tangerang

Ramzy
30 Agu 2023 13:46
3 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meresmikan Gedung Pelayanan Jantung Terpadu dan Perinatologi NICU RSUD Kabupaten Tangerang, Selasa 29 Agustus 2023.

Dalam sambutannya, Bupati Zaki mengatakan peresmian Gedung Pelayanan Jantung Terpadu dan Perinatologi NICU RSUD Kabupaten Tangerang merupakan wujud komitmen pemerintah daerah terus meningkatkan kualitas akses dan pelayanan kesehatan yang mudah dan terjangkau bagi masyarakat. Upaya ini menjadi bukti nyata peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Tangerang.

“Saya ucapkan terima kasih kepada RSUD Tangerang yang sudah luar biasa melakukan berbagai macam terobosan dan layanan walaupun memang volumenya masih jauh dari ideal, tetapi ini merupakan langkah nyata, maka dari itu rumah sakit lain di wilayah Kabupaten Tangerang, setiap tahun akan ditingkatkan layanannya,” ucap Bupati.

Menurut Bupati, penambahan fasilitas RSUD Kabupaten Tangerang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta meningkatkan kompetensi dan keterampilan Sumber Daya Manusia Kesehatan dan menjadi tolok ukur pelaksanaan pembangunan kesehatan di Kabupaten Tangerang.

“Saya sangat menyambut baik diresmikannya Gedung Pelayanan Jantung Terpadu (PJT) dan Gedung Pelayanan Perinatologi/Neonatus Intensive Care Unit (NICU) ini. Semoga keberadaan unit layanan Kesehatan ini, dapat menjadi salah satu pendorong tolak ukur pelaksanaan pembangunan kesehatan di Kabupaten Tangerang,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Pelayanan Rujukan Kementerian Kesehatan RI, Drg. Yuli Astuti berpesan agar penambahan fasilitas dan sarana di RSUD Kabupaten Tangerang dibarengi dengan peningkatan kualitas pelayanan.

“Kita juga bahagia dan senang, dalam artian kalau NICU itu waktu rawat inapnya sangat lama sekali dan perlu cost besar, RSUD Tangerang telah berkomitmen khususnya Bupati Tangerang, untuk melakukan terobosan dan inovasi, memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat. Saya berterima kasih sekali perhatian dari Bupati Tangerang terhadap rumah sakit daerah ini khususnya Rumah Sakit RS Tangerang,” ungkap Yuli.

Menurut dia, langkah dan terobosan RSUD Kabupaten Tangerang merupakan prestasi karena mampu memberikan layanan kesehatan yang lebih multispesifik. RSUD mampu menangani kasus dengan kompleksitas tinggi secara terintegrasi yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Dirut RSUD Tangerang, dr Reniati mengungkapkan, Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang saat ini telah ditunjuk menjadi rujukan penanganan kardiovaskuler dan KIA oleh Kementrian RI sehingga masyarakat Kabupaten Tangerang bisa mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang lebih dekat.

“Dengan adanya pelayanan ini jadi masyarakat tidak perlu dirujuk ke RSCM atau Harapan Kita, tapi juga bisa dilaksanakan di RSUD Kabupaten Tangerang ini. Dan alhamdulillah dengan dukungan dari Bupati yang luar biasa ini sehingga kita bisa hadirkan pelayanan jantung terpadu ini dan NICU,” ungkap Reni.

Dia berterima kasih kepada Bupati Tangerang yang selama 10 tahun kepemimpinan beliau, dukungan dan pembangunan di bidang kesehatan sangat luar biasa sekali khususnya untuk pengembangan pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Tangerang.(rls)