Gelar KLW dan UKW, PWI Banten Anjurkan Wartawan Memilih Organisasi Profesi

Joe
6 Nov 2020 13:44
2 menit membaca

CILEGON (SBN) — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten mengadakan Karya Latih Wartawan (KLW) dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke XVI yang dilaksanakan di Aula Setda 3 Pemkot Cilegon. Kegiatan akan berlangsung 2 hari, yakni Jumat–Sabtu (6–7 November 2020).

Ketua Pelaksana Kegiatan KLW dan UKW Angkatan XVI PWI Banten Adi Adam mengatakan, 32 wartawan dari berbagai media mengikuti KLW, sementara 30 wartawan mengikuti UKW dalam tiga jenjang: muda, madya, dan utama.

Dalam sambutannya Ketua PWI Banten Rian Nopandra menyampaikan, wartawan perlu ikut dalam organisasi profesi yang telah menjadi konstituen Dewan Pers. Selain PWI, ada beberapa organisasi  wartawan lainnya, yaitu Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI).

“Kami tidak memaksa setiap wartawan untuk masuk ke PWI, tapi saya menyarankan setiap wartawan wajib memilih salah satu organisasi profesi,” kata pria yang akrab disapa Opan itu.

Untuk dapat menjadi Anggota PWI, lanjut Opan, wartawan harus mengikuti KLW sebagai salah satu syarat. KLW memiliki dua jenjang, yakni KLW Dasar dan KLW Lanjutan.

Opan juga mengungkapkan pentingnya wartawan mengikuti UKW sebagai syarat kompetensi bagi seorang wartawan dalam melaksanakan tugas jurnalisnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi (PIK) Dinas Komunikasi Informasi Sandi dan Statistik (Diskominfo) Cilegon Atikoh menjelaskan pentingnya independensi wartawan dalam memberikan informasi yang berkualitas kepada publik.

Atikoh juga mengapresiasi langkah PWI dalam membina anggotanya melalui kegiatan KLW dan UKW dengan berbagai jenjang. (Wawan/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan