Bekali WBP Lapas Tangerang dengan Pendidikan, Ini Tujuan PKBM Tunas Madani

Ramzy
20 Sep 2019 14:29
2 menit membaca

TANGERANG (SBN) – Kehadiran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tunas Madani dirasakan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang. PKBM yang didirikan oleh Slamet Solehudin sejak tahun 2012 silam tersebut, sudah banyak meluluskan para warga binaan paket A (setara SD) paket B (setara SMP) dan Paket C (setara SMA).

Salah seorang tutor PKBM Tunas Madani Ai Ratna mengaku, kehadiran dirinya bersama beberapa tutor lainnya merupakan panggilan jiwa. Ia dan rekan-rekan seperjuangannya memberikan pendidikan kepada puluhan warga belajar untuk bisa mendapatkan pendidikan yang layak seperti warga masyarakat pada umumnya.

“Kami mencoba untuk sebisa mungkin, memberikan ilmu kepada warga binaan. Setidaknya, ketika mereka keluar dari lapas, mereka punya pendidikan dan pengetahuan lain disini,” kata Ratna, Jum’at (20/9/2019).

Ia menjelaskan, PKBM sebagai salah satu satuan pendidikan nonformal. Keberadaan PKBM diharapan untuk memberikan pelayanan pendidikan nonformal sebagai penambah, pengganti dan pelengkap pendidikan formal bagi warga masyarakat yang membutuhkan pengetahuan, keterampilan kecakapan hidup, mengembangkan sikap dan kepribadian, mengembangkan diri untuk berusaha mandiri dan atau melanjutkan pendidikan ketingkat yang lebih tinggi dalam rangka pemberdayaan masyarakat.

Ia menjelaskan, ada sekitar 18 warga belajar paket A, 34 warga belajar paket B dan paket C 63. Adapun usai belajar paket A hingga paket C dari usia 19 hingga 45 tahun.

“Mereka yang masih muda ini punya masa depan yang sama. Dan semangat mereka juga cukup bagus,” tutupnya.(Sadi)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan