TNI Tanam 5.000 Pohon Ketapang di Desa Cigondang, Bupati Pandeglang: TNI Semakin Manunggal dengan Rakyat

Ramzy
12 Des 2019 14:46
2 menit membaca

LABUAN (SBN) — Kurang lebih 5.000 pohon ketapang ditanam Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat (AD) di Desa Cigondang, Kecamatan Labuan. Bupati Pandeglang Irna Narulita mengapresiasi hal itu dan mengatakan bahwa TNI selalu menjadi garda terdepan dan semakin manunggal dengan rakyat.

Demikian dikatakan Bupati Irna Narulita pada saat penanaman pohon ketapang di Kampung Lampe, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Kamis (12/12/2019).

Menurutnya, kegiatan ini merupakan tindakan pencegahan baik itu terjadinya abrasi maupun adanya gelombang laut yang tinggi.

“Beberapa tahun yang akan datang, pohon ini akan tumbuh dan akan menjadi penahan jika terjadinya bencana seperti tsunami yang terjadi pada dua tahun yang lalu,” ujarnya.

Irma meminta kepada masyarakat setempat agar dapat merawat dengan baik tanaman ini hingga tumbuh besar.

“Kita harus jaga kelestarian alam, tentu alam juga akan menjaga kita,” tandasnya.

Komandan Korem 064 Maulana Yusuf Kolonel Windiyanto membenarkan apa yang disampaikan Bupati Pandeglang. Menurutnya, enanaman pohon ketapang ini diharapkan dapat menahan jika terjadi gelombang laut yang tinggi.

“Berdasarkan pengalaman tahun lalu ketika terjadi tsunami, saya melihat ada dua pohon ketapang di depan rumah yang tidak hancur padahal rumah tersebut terkena gelombang laut,” katanya.

Windiyanto menambahkan, jika dirawat dengan baik, pohon ketapang ini akan tumbuh besar. Ini bisa mengantisipasi apabila Gunung Anak Krakatau erupsi kembali.

“Kita tidak tahu kapan bencana akan terjadi, namun jika melihat dari pergerakan saat ini Gunung Anak Krakatau terus tumbuh tinggi, diperkirakan 15 tahun yang akan datang bisa mencapai 100 meter ketinggiannya,” tuturnya.

Windiyanto juga mengatakan, pohon ketapang yang disemai jumlahnya 200 ribu pohon. Yang ditanam di Desa Cogondang  sebanyak 5.000 pohon.

“Kita akan tanam semua pohon ketapang yang sudah tumbuh ini di sepanjang pesisir Pantai Labuan–Binuangeun,” pungkasnya.

Acara penanaman secara simbolis dilakukan Komandan Korem 064 MY Windiyanto, Bupati Pandeglang Irna Narulita, Komandan Kodim 0601 Letkol Inf Denny Juwon Pranata, dan pejabat TNI lainnya. Hadir juga Komandan Bataliyon Grup Satu Kopassus Mayor Inf Boni, General Menejer Indonedia Power PLTU II Labuan Zuhdi Rahmanto, Asda Pemerintahan dan Kesra Ramadani, dan Camat Labuan Atep. (Rls/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan