Ternyata Bukan Puting Beliung, Ini Angin yang Terjang Mauk

Ramzy
13 Des 2019 11:35
1 menit membaca

Warga Kecamatan Mauk terpaksa harus menempati tenda darurat.(Foto : Restu Bambang/SuaraBantenNews)

TANGERANG (SBN) — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang bahwa angin kencang yang melanda empat desa di Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang adalah Angin Topan, bukan Angin Puting Beliung.

“Ini bukan angin puting beliung tapi bisa dikatakan angin topan ataun angin kencang,” ujar Kabid Kedarutatan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang, Kosrudin, Jumat, 13 Desember 2019.

Ia menyebut Angin Topan, lantaran kedatangan angin ini cukup kencang, tidak menggulung dan tidak hanya menerjang di satu lokasi yang berdekatan.

“Angin ini tidak berputar, kalau Beliung dan Tornado itu berputar dan sekian puluh meter menetap atau tidak kemana-mana,” tuturnya.

Kini, kata dia, Dinas permukiman dan kecamatan masih melakukan pendataan terkait kategori rumah baik yang masuk dalam kategori ringan, sedang, dan berat.

“Untuk jumlah kerugian sementara kami taksir mencapai lebih dari Rp 1 Miliar,” tutupnya.

Untuk bantuan dana darurat sendiri, kata dia, akan diberikan nanti langsung dari Pemerintah Daerah. Bantuan tersebut bisa dicairkan apabila bupati sudah menentukan masuk kategori bencana dan diproses sesuai tahapan yang berlaku.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan