Dorong Kebudayaan sebagai Pilar Pembangunan, HPN 2020 Lahirkan ‘Deklarasi Banjarmasin’

Joe
9 Feb 2020 15:23
2 menit membaca

BANJARMASIN (SBN) — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat memberikan Anugerah Kebudayaan kepada 10 bupati/wali kota se-Kalimantan Selatan pada rangkaian peringatan Hari Pers Nasional 2020 di Banjarmasin, Jumat (7 Februari 2020). Anugerah itu diberikan kepada para bupati/wali kota yang dianggap memiliki posisi strategis dalam mendorong pemajuan kebudayaan di daerahnya masing-masing.

Dalam rangkaian itu, PWI Pusat juga menggelar acara Dialog Kebudayaan dengan narasumber utama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi dan 10 bupati/wali kota penerima Anugerah Kebudayaan.

Dialog Kebudayaan itu melahirkan “Deklarasi Banjarmasin” yang berbunyi: “Kami Persatuan Wartawan Indonesia bersama bupati/walikota penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2020, seniman, budayawan, akademisi, dan pecinta kebudayaan mengajak semua pemangku kepentingan bersama-sama ‘Mendorong Kebudayaan sebagai salah satu pilar pembangunan di Indonrsia’.”

Deklarasi yang ditulis di atas kanvas itu ditandatangani Menteri PMK Muhadjir Effendi, para bupati/wali kota penerima Anugerah Kebudayaan, Ketua PWI Pusat Atal S. Depari, Dewan Juri Anugerah Kebudayaan, dan Ketua Pelaksana Anugerah Kebudayaan PWI Pusat Yusuf Susilo Hartono.

“Menjadi kesadaran PWI bahwa pers sebagai pilar keempat demokrasi harus mengawal seluruh bidang kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya kebudayaan dalam mewujudkan pemajuan kebudayaan untuk mencapai kebudayaan yang berkepribadian, salah satu pesan Trisakti Presiden Sukarno,” kata Yusuf Susilo Hartono.

Ajaran Trisakti Bung Karno itu adalah berkedaulatan dalam bidang politik, mandiri dalam bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. (Rls/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan