Serang Utara Rawan Kekeringan, DPRD Komisi III Dorong PDAM Dimaksimalkan

Joe
12 Feb 2020 15:23
1 menit membaca

SERANG (SBN) — Sejak pertengahan hingga akhir 2019 lalu, beberapa kawasan di Banten dilanda kekeringan. Wilayah Serang Utara termasuk yang terparah. Kekeringan tersebut karena musim kemarau yang berkepanjangan dan diperparah dengan terganggunya saluran irigasi dari Pamarayan karena perbaikan.

Komisi III DPRD Kabupaten Serang mendorong Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) agar sumber air baku dan penyalurannya ditingkatkan karena bantuan dengan dikirimkan air bersih melalui tangki-tangki tidak menyelesaikan masalah.

“Maka kami mendorong supaya sumber air bakunya ditingkatkan, kemudian penyalurannya juga ditingkatkan,” ucap Ketua Komisi III DPRD Serang Agus Wahyudiono usai menerima kunjungan kerja dari DPRD Kabupaten Padang Pariaman, DPRD Kabupaten Serang, Rabu (12 Februari 2020).

“Memang butuh proses, karena perlu pembiayaan, baik untuk pengelolaannnya maupun pipanisasinya,” ujarnya.

Agus menilai, saat ini pelayanan PDAM di Kabupaten Serang termasuk baik. Dari 29 kecamatan PDAM mempunyai kurang lebih 3.000 sambungan ke pelanggan.

“Memang belum 50 persen terkover untuk wilayah di 29 kecamatan, tetapi paling tidak dari 3.000 ini bisa memberikan dividen keuntungannya ke Pemda yang cukup besar,” ujarnya. (Hendra/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan