Arab Saudi Tutup Pintu Umrah, Jemaah Asal Kabupaten Tangerang Belum Diketahui

Ramzy
27 Feb 2020 11:36
2 menit membaca

TANGERANG (SBN) — Arab Saudi sengaja menutup keberangkatan jemaah umrah dari seluruh negara, termasuk Indonesia. Dilansir dari Idntimes.com, bahwa Direktur PT Qadr Jaya Mandiri (Travel Al-Qadri Umrah dan Haji), Erri Budisurasa, menyebutkan jemaah umrah asal Indonesia tahun 2019/2020 mencapai 1,26 juta orang.

Dalam hal ini, Kepala Seksi Haji dan Umrah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang, Anis Suwandi mengatakan belum mengetahui secara persis berapa jumlah jemaah umrah asal Kabupaten Tangerang yang ditangguhkan keberangkatannya.

“Jangankan jamaah yang ditangguhkan, kami juga tidak mengetahui secara pasti jumlah jemaah umroh di Kabupaten Tangerang yang berangkat tahun ini,” ujarnya kepada SuaraBantenNews, Kamis, 27 Februari 2020.

Alasan Kemenag Kabupaten Tangerang tidak mengetahui. Sebab, kata dia, para jemaah yang hendak berangkat tidak pernah menyerahkan data kepada Kemenag Kabupaten Tangerang. Namun, lanjutnya, jika dilihat dari jumlah permohonan paspor di Kabupaten Tangerang terdapat sekitar 200 orang/pertahun.

“Kita tidak punya data jemaah umroh, tapi yang kita punya cuma data jemaah yang meminta rekomendasi paspor. Ada juga yang sudah memiliki paspor, mereka berangkat. Jadi jumlah pastinya kami ga tahu, itu bisa lebih dari 200 orang,” pungkasnya.

Anis menambahkan, termasuk bagi travel umroh yang sering memfasilitasi masyarakat yang hendak berangkat umrah, mereka pun tidak pernah melaporkan berapa jumlah jemaahnya.

“Jadi mereka membawa jamaah berapa orang, kita tidak tahu,” ujarnya.

Lanjut Anis, pihaknya menyebut tujuan penutupan sementara pintu umrah ini yaitu untuk membatasi jemaah umrah yang berasal dari China dan negara lain. Dalam rangka menjaga keseterilan pada saat pelaksanaan ibadah haji tahun 2020 atas wabah Virus Corona.

“Ribuan jemaah umrah asal Indonesia terpaksa untuk sementara mengurungkan niat mereka ke tanah suci,” tutupnya.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan