Hadapi Virus Corona, Arief Minta Seluruh Rumah Sakit Lakukan Langkah Konkret

Joe
3 Mar 2020 17:05
2 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) — Melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menginstruksikan kepada seluruh rumah sakit Kota Tangerang untuk melakukan langkah-langkah konkret.

“Kita ingin penangan virus corona atau covid-19 ini lebih serius dan antisipatif dan mudah-mudahan tidak menjadi wabah di Kota Tangerang,” ujarnya usai rapat koordinasi dengan seluruh perwakilan rumah sakit di Kota Tangerang, Selasa (3 Maret 2020).

Langkah-langkah konkret tersebut, kata Arief, bisa dilakukan dengan menyiapkan ruang isolasi khusus di setiap Rumah Sakit.

“Jadi, nanti kalau ada masyarakat masuk IGD karena batuk dan pilek, bisa ditangani di ruang isolasi dulu. Nanti jika ada indikasi virus corona, tim khusus yang akan turun,” katanya.

Tidak hanya itu, lanjut Arief, ia juga meminta agar setiap rumah sakit menyiapkan jaring pengaman untuk pelayan kesehatan, baik perawat maupun dokter, karena beredar kabar banyak yang terjangkit karena terpapar saat melakukan pengobatan.

“Jadi, perawat dan dokter yang mau menangani bisa terlindungi karena di negara Cina sempat dikabarkan banyak yang meninggal gara-gara terpapar,” ucapnya.

Dengan koordinasi yang baik antara Dinas Kesehatan dan seluruh rumah sakit, Arief berharap nantinya dapat menenangkan kepanikan masyarakat Kota Tangerang.

“Kita perlu lakukan langkah-langkah bersama sehingga masyarakat di Kota Tangerang merasa aman dan nyaman,” tukasnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang dr. Liza Puspadewi mengatakan seluruh rumah sakit telah diinstruksikan untuk berkerja sama dengan Dinas Kesehatan.

“Nanti rumah sakit akan membuat poster dan selebaran terkait coronavirus mulai dari perbedaannya dengan flu biasa dan cara mencegahnya dan harus mengedukasi pasien yang datang ke rumah sakit agar masyarakat tenang dan nyaman,” tutupnya. (Yadi/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan