Sekdes Talaga Kesulitan Tangani Gundukan Sampah Menahun di Kampung Sumur

Joe
6 Mar 2020 18:12
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Pemerintah Desa Talaga, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang sulit mengatasi gundukan sampah menahun di Kawasan Cikupa Mas, Kampung Sumur, RT 01, RW 04, Desa Talaga, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Sekretaris Desa Talaga Ahmad Sukiyani membenarkan adanya tumpukan sampah menahun di wilayahnya dan mengaku sudah melakukan beberapa upaya agar lokasi tersebut tidak lagi dijadikan tempat pembuangan sampah.

“Satpol PP, Binamas, Babinsa, RT, dan masyarakat sudah bergotong royong di kawasan tersebut, tapi sampah tak ada habisnya,” ujarnya, Jumat (6 Maret 2020).

Menurutnya, pihak desa tidak memiliki kewenangan melarang pembuangan sampah di sana. Pada 2014 unsur-unsur Muspika se-Kecamatan Cikupa sudah berkoordinasi, namun tidak ada keterlibatan unsur DLHK Kabupaten Tangerang.

“Dalam waktu dekat ini, kami akan koordinasi lagi dengan pihak kecamatan untuk mengatasi permasalahan sampah di sana,” ujarnya.

Menurutnya, harus ada koordinasi yang baik antara pihak desa, kecamatan, dan pengelola Kawasan Cikupa Mas untuk mendapatkan hasil yang baik.

“Kalau hasilnya ingin ditutup, ya, ditutup karena  di situ kan terdapat akses jalan menuju masyarakat,” jelasnya.

Camat Cikupa Abdullah mengatakan tumpukan sampah itu adalah tanggung jawab pengelola sampah di kawasan tersebut. Pihak kecamatan sendiri tidak memiliki wewenang lebih dalam pengelolaanya.

“Jika ada laporan dari warga yang keberatan, pihak kecamatan hanya melayangkan teguran,” singkatnya.

Disisi lain warga setempat NL (25) mengeluhkan keberadaan gundukan sampah tersebut. Selain menimbulkan bau tidak sedap, lanjut NL, sampah juga sering menghalangi perjalanan warga saat melintas karena posisinya berada di kanan-kiri jalan.

Sebagaimana dinyatakan salah seorang warga setempat, NL (25), selain menimbulkan bau tidak sedap, sampah juga sering menghalangi perjalanan warga saat melintas karena posisinya berada di kanan-kiri jalan. Terlebih lagi, jika hujan deras, jalan akan dipenuhi genangan lumpur karena air sulit mengalir ke sawah terhalang gundukan sampah. (Restu/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan