Cegah Penyebaran Virus Covid-19, PMI Cilegon Bikin Disinsfektan Skala Besar

Joe
18 Mar 2020 17:19
2 menit membaca

CILEGON (SBN) — Sebagai upaya menghambat penyebaran virus Covid-19, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon membuat disinsfektan skala besar. Selain untuk kepentingan penyemprotan di kantor PMI sendiri, disinsfektan itu juga akan diserahkan kepada Pemerintah Kota Cilegon.

Pembuatan disinfektan sebanyak 6.000 liter itu dihadiri Dinas Kesehatan sebagai pengarah agar komposisi pembuatan sesuai anjuran Kementerian Kesehatan.

Ketua PMI Kota Cilegon Abdul Hakim Lubis mengatakan PMI Kota Cilegon juga telah menyediakan 100 unit alat semprot dengan kapasitas 5 liter untuk digunakan sebagai sarana penyemprotan. Alat semprot ini juga akan dibagikan ke kantor-kantor pelayanan, seperti kelurahan dan kecamatan.

“Tapi perlu kami disampaikan juga, bahan-bahan ini sudah semakin langka di pasaran. Kita tadinya beli 250 liter, tapi ternyata baru ada 160 liter yang kita dapatkan sampai hari ini,” lanjut Abdul Hakim.

Cara Mudah Membuat Disinfektan

Disinfektan dibuat dengan menggunakan air dan campuran natrium hipoklorit (NaClO) yang terkandung pada bahan pemutih pakaian dengan komposisi yang telah ditentukan Kementerian Kesehatan RI.

Yolanda Panggabean, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kota Cilegon, mengatakan bahan pembuat disisfektan yang terkandung pada bahan pemutih pakaian ini dapat dengan mudah ditemukan di warung-warung tradisional maupun minimarket.  Diharapkan, dengan adanya sistem seperti ini, masyarakat dapat dengan mudah memutus rantai virus penyebab penyakit, termasuk virus Covid-19 yang saat ini sedang menjadi perhatian di seluruh negara di dunia.

“Natrium hipoklorit atau pemutih pakaian banyak dijual di supermarket-supermarket maupun toko ritel yang kecil-kecil. Kita bisa membuat sendiri, enggak harus bergantung pada orang lain, Dinas kesehatan, atau PMI. Kita bisa buat sendiri kadarnya cuma 3 persen, kok. Jadi. bisa saya gambarkan, 3 persen itu 3 ml Bayclin [produk pemutih pakaian ] dicampur di dalam 100 ml aqua [air],” ujar Yolanda.

Membuat Sendiri Cairan Pembersih Tangan

Yolanda menambahkan, selain disinfektan, masyarakat juga bisa membuat sendiri pembersih tangan (hand sanitizer) dengan bahan yang mudah ditemukan. Bahan-bahan tersebut adalah alkohol 70 persen, glycerol (C3H8O3), air, aloe eera [bahan pelembap kulit], dan pewangi [sesuai selera].

“Alkohol 70 persen itu kalau kena kulit terus menerus membuat kulit kita kering, jadi aloe vera itu buat pelembapnya,” tutupnya (Wawan/Atma)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan