Data Kasus Corona Berbeda, Ini yang Jadi Patokan Info Corona di Banten

Ramzy
19 Mar 2020 17:59
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Masyarakat dibingungkan dengan data kasus virus Corona atau Covid-19 yang dirilis oleh Dinkes Kabupaten Tangerang dan Provinsi Banten mengalami perbedaan. Dinkes Kabupaten Tangerang mminta agar masyarakat mengikuti data yang dirilis oleh Pemerintah Provinsi Banten di web : https://infocorona.bantenprov.go.id/.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Hendra Tirmizi mengakui bahwa data kasus Covid19 yang dirilis oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang berbeda dengan Pemerintah Provinsi Banten.

“Yang menjadi patokan adalah data kasus yang ada di provinsi bukan di Kabupaten Tangerang,” ujarnya, Kamis, 19 Maret 2020.

Menurutnya, pihak Pemprov Banten mendapat data dari Litbangkes masih dalam bentuk lisan, bukan bentuk tulisan. Namun langsung dipublikasikan kepada masyarakat, tanpa menyampaikan ke pemerintah kabupaten/kota.

“Nanti jika sudah dalam bentuk tulisan, dinas kesehatan kabupaten/kota akan ikut meng-update menyesuaikan dari data provinsi,” ungkapnya.

Hendra menambahkan, update data terbaru bersumber dari Litbangkes yang berada di pemerintah pusat kemudian diteruskan kepada pemerintah daerah.

“Untuk data itu tinggal update saja dan tidak menjadi sebuah masalah besar. Yang terpenting adalah warga mengerti tentang pencegahan penyebaran covid19,” pungkasnya.

Untuk upaya pencegahan, kata Hendra, masyarakat harus sering mencuci tangan dengan sabun satu jam sekali, tingkatkan daya tahan tubuh, perbanyak makan sayur dan buah-buahan.

Adapun warga yang masuk dalam ketegori pemantauan agar dapat mengisolasi diri selama 14 hari, menggunakan masker dan menjaga jarak satu meter saat berbicara.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan