Meski Ada Imbauan MUI, Salat Jumat di Beberapa Wilayah Tetap Dilangsungkan

Joe
20 Mar 2020 22:54
2 menit membaca

CILEGON (SBN) — Dampak pandemi virus korona bukan hanya terhadap perekonomian, melainkan juga terhadap kegiatan peribadatan kaum muslim, khususnya ibadah salat berjamaah. Masjid Al-Amjad Tigaraksa Kabupaten Tangerang meniadakan kegiatan ibadah salat Jumat hari ini (20 Maret 2020).

Sebaliknya, Masjid Nurul Ikhlas Cilegon justru masih tampak seperti biasa, ramai dipadati jemaah saat salat Jumat (20 Maret 2020), meski pihak DKM tidak menggelar karpet sebagai alas salat.

Sejauh informasi yang berhasil kami himpun, tidak ada masjid yang meniadakan salat Jumat di kota Cilegon.

Suasana berbeda pada Masjid Al-Amjad Tigaraksa. DKM Masjid Al-Amjad memenuhi imbauan MUI Kabupaten Tangerang yang mengeluarkan seruan agar masyarakat tidak melakukan salat Jumat di Masjid Jami (Agung), sebagaimana dikutip dari Lensametro.com.

Suasana di dalam Masjid Agung Al-Amjad yang tampak sepi karena salat Jumat ditiadakan hari ini, Jumat (20 Maret 2020).

Suasana di dalam Masjid Agung Al-Amjad yang tampak sepi karena salat Jumat ditiadakan hari ini, Jumat (20 Maret 2020).

“Di Masjid Agung Al-Amjad tidak ada salat Jumat hari ini,” ujar K.H. Nur Alam Jaelani, Imam Masjid Al-Amjad.

KH Nur Alam  sekretaris MUI Kabupaten Tangerang mengatakan, larangan sholat Jumat di masjid untuk meminimalisir wabah korona.

Seruan meniadakan salat Jumat atau salat berjamaah untuk mencegah penyebaran virus korona tersebut berdasarkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat No. 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19 dan hasil rapat koordinasi dengan institusi yang berkepentingan juga imbauan Bupati Tangerang.

Meskip begitu, MUI menyarankan untuk tetap melaksanakan salat zuhur di rumah masing-masing pada hari Jumat.

“Virus korona di wilayah Kabupaten Tangerang kian meluas dan indikasi kemudaratannya semakin terlihat,” tukasnya.

MUI juga mengajak masyarakat untuk memperbanyak doa dan istighfar, membaca qunut nazilah dalam setiap salat fardu, khusus doa tolak bala wabah virus korona. (Wawan/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan