Gunung Sampah di TPA Cipeucang Longsor, PDAM Pantau Kali Cisadane

Ramzy
22 Mei 2020 17:21
2 menit membaca

TANGERANG (SBN) – Gunungan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, yang berada di Kampung Cipeucang, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, longsor hingga nyaris menutupi Kali Cisadane. Dari foto yang beredar luas, Jumat, 22 Mei 2020, tumpukan sampah menutup sebagian besar lebar kali Cisadane.

Padahal diketahui bahwa tepian TPA sebagian telah dipagar, namun kejadian longsornya sampah di TPA Cipeucang berdampak pada terganggunya aliran sungai Cisadane.

Humas PDAM Tirta Benteng (TB) Iksan Sodikin mengatakan, pihaknya terus memantau pergerakan sampah yang mengaliri sungai Cisadane. Namun saat ini pihaknya mendapatkan informasi bahwa sampah yang terbawa arus masih sedikit dan tertahan di Kali Pasir, Kota Tangerang.

“Kita masih pantau, karena sampah yang datang masih sedikit tertahan. Tapi secara kualitas dan kuantitas air masih normal,” katanya.

Iksan pun menegaskan pihaknya terus memberikan informasi kepada pelanggan terkait kualitas maupun kuantitas air atas peristiwa longsornya TPA Cipeucang yang mengaliri Sungai Cisadane tersebut.

Sejauh ini belum berpengaruh distribusi pasokan air bersih dari sampah yang masuk ke Kota Tangerang itu.

“Kita masih waspada, akan kita terus pantau,” ucapnya.

Meski demikian, pihaknya pun telah menyiapkan antispasi pengangkut sampah secara otomatis apabila masuk dalam Intake. Sehingga sampah tersebut bisa terangkut secara otomatis.

Sementara itu, Humas Perumdam TKR Samsudin Sidik mengatakan, saat ini pihaknya belum mengalami kendala dalam pendistribusian air akibat dari longsornya TPA Cipeucang

“Sampai saat ini produksi kami masih normal, belum terganggu dengan sampah dari TPA Cipeucang. Iya petugas kami tetap melakukan pemantauan,” tandasnya.(Yadi/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan