Sungai Ciujung Tercemar, Mapala Se-Banten Gelar Aksi di Pendopo Bupati Serang

Ramzy
26 Agu 2019 13:13
2 menit membaca

SERANG (SBN) – Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) se-Banten meminta Pemerintah Kabupaten Serang segera melakukan normalisasi Sungai Ciujung yang saat ini kondisinya menghitam diduga akibat limbah industri.

Aspirasi para Mahasiswa ini disampaikan saat menggelar aksi solidaritas peduli sungai Ciujung di depan Pendopo Pemkab Serang, Senin (26/8/2019). Pada aksi ini para mahasiswa juga melakukan aksi teatrikal dan pembacaan puisi.

Zaenal Mutaqin selaku kordinator aksi mengatakan, pihaknya meminta agar normalisasi sungai Ciujung yang sudah menghitam, akibat masyarakat di bantaran sungai menjadi dirugikan.

“Kami inginkan sungai Ciujung seperti dulu, airnya bisa buat nyawah, nyari ikan, apalagi sekarang keadaannya sangat parah, warnanya seperti kopi dan bau,” ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa Pemkab Serang tidak mampu dalam menangani masalah ini, yang terkena imbasnya adalah masyarakat sekitar sepanjang sungai Ciujung.

“Ini karena Pemkab Serang tidak tegas dalam menindak industri-industri yang melakukan kesalahan, sehingga masyarakat gatal-gatal, dan yang kesehariannya mencari ikan kini ikannya pada mati,” ucapnya
.

Ia meminta, agar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang jangan main-main dengan amanah rakyat begitu juga dengan Bupati Serang bisa tidur enak karena uang rakyat.

“Jangan main-main sama uang rakyat. Kami minta perusahaan di sepanjang sungai Ciujung ikuti Amdal dan aturan dan segera normalisasi itu saja tidak muluk-muluk,” tukasnya

Aksi ini merupakan aksi lanjutan yang sebelumnya di HUT RI ke-74 tanggal 17 Agustus 2019, dengan membentangkan bendera merah putih di atas sungai Ciujung.(Hen/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan