KBB Gelar Penyuluhan Bahasa Indonesia untuk Media di Cilegon

Ramzy
20 Sep 2019 03:11
2 menit membaca

CILEGON (SBN)-, Kantor Berita Banten (KBB) menggelar penyuluhan bahasa Indonesia bagi pelaku media massa. Kegiatan itu bertujuan agar insan media mampu menjadi agen perubahan pemartabatan bahasa negara. Kegiatan berlangsung selama 3 tiga hari di Gedung Sucofindo Cilegon, Kamis (19/9/19).

Adapun yang menjadi peserta pada kegiatan itu adalah para editor/redaktur dan wartawan yang berasal dari berbagai media massa cetak, elektronik, dan online.

“Tujuan dari kegiatan ini agar peserta mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan bahasa Indonesia di tempat mereka bekerja,” kata Ketua Pnitia kegiatan Rukmini.

Rukmini menambhakan, dengan kegiatan itu KBB berharap peserta mampu menjadi figur atau contoh panutan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Para peserta mampu menjadi agen perubahan pemartabatan bahasa negara,” tambahnya.

Sementara itu, Pembina di Media Fakta Hukum Indonesia Jakarta dan Dewan Penguji Kompetensi Wartawan di PWI DKI Jaya Aat Surya Syafaat yang didapuk sebagai narasumber mengatakan, kegiatan itu sangat positif sebagai bekal bagi para penulis berita menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Ini satu hal yang membanggakan bagi saya, karena ada tekad dari kawan-kawan wartawan untuk mau belajar,” ucap Aat.

Lebih lanjut Aat menjelaskan, salah satu fungsi pers sebagaimana adalah memberikan informasi atau pencerahan. Fungsi itu, kata dia, dapat terlaksana dengan baik apabila kemampuan bahasa Indonesia para wartawan sudah mumpuni.

“Jadi berita yang kita berikan itu membuat masyarakat menjadi berpikir positif,” tutup. (wawan/don).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan