Pemkot Cilegon Salurkan Bantuan PKH Tahap IV Senilai Hampir 4 Miliar

Ramzy
17 Okt 2019 11:31
2 menit membaca

Wakil Wali Kota Cilegon Ratu Ati (kerudung Hitam) dan Kepala Dinas Sosial kota Cilegon Abadiyah (kerudung putih) menyerahkan bantuan PKH di Gedung Bank Mandiri Cabang Cilegon, Rabu (16/10/2019)

CILEGON (SBN) —  Melalui Dinas Sosial dan Bank Mandiri Cilegon, Pemerintah Kota Cilegon menyalurkan bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) tahap IV yang dilaksanakan di aula Bank Mandiri Cilegon, Rabu (16/10/2019).

Wakil Wali Kota Cilegon Ratu Ati Marliati mengatakan, permasalahan kemiskinan merupakan permasalahan yang kompleks dan bersifat multidimensional. Karena itu, kemiskinan harus menjadi penyelesaian utama masalah-masalah yang ada karena keberhasilan pembangunan ekonomi adalah teratasinya masalah kemiskinan.

“Sebagai salah satu upaya penanggulangan kemiskinan di Indonesia, pemerintah pusat telah melaksanakan bantuan sosial Program Keluarga Harapan. Program ini sekaligus merupakan pengembangan kebijakan di bidang perlindungan sosial yang dimulai tahun 2007. Program ini cukup berhasil. Di beberapa negara dikenal dengan bantuan tunai bersyarat,” kata Ati.

Lebih lanjut, Ati mengungkapkan bahwa PKH merupakan strategi penanggulangan kemiskinan tepat sasaran yang ditujukan kepada keluarga yang membutuhkan.

“PKH ini ditujukan terutama untuk ibu hamil dan anak serta mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan upaya peningkatan sumber daya manusia seperti pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial. Penyaluran ini berlangsung mulai hari ini hingga akhir Oktober 2019 dengan target: penyaluran tahap IV tahun 2019 sebesar 100% dapat semuanya tersalurkan,” tuturnya.

Program Keluarga Harapan di Kota Cilegon, lanjut Ati, sampai dengan tahap IV tahun 2019, menjangkau 4.908 pengurus keluarga dan 22.285 anggota keluarga yang tersebar di semua kecamatan di Kota Cilegon.

“Bantuan sosial yang diserahkan dari Kementerian Sosial RI kepada Kota Cilegon tahap 4 tahun 2019 sebesar Rp3.883.125.000. Ini merupakan hasil kerja keras pemerintah daerah bekerja sama dengan Kementerian Sosial RI serta Bank Mandiri area Cilegon sebagai penyalur bantuan sosial dalam rangka pengentasan kemiskinan di Kota Cilegon,” ujarnya.

Kepada para penerima PKH, Ati berharap untuk selalu mendukung semua program Pemkot Cilegon yang berkaitan dengan pengentasan kemiskinan di Kota Cilegon.

“Saya mohon kepada para bapak dan ibu untuk selalu mendukung semua program Pemkot Cilegon, termasuk program PKH ini, agar tetap bersama-sama dalam membantu warga miskin. Semoga para penerima bantuan sosial PKH bisa menggunakan bantuan uangnya secara baik dan benar dan semoga program PKH ini mampu memutuskan rantai kemiskinan antargenerasi di Kota Cilegon yang kita cintai ini,” harapnya. (Wawan/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan