Maknai Hari Sumpah Pemuda, Ini yang Mesti Dilakukan Generasi Milenial Tangerang

Ramzy
28 Okt 2019 13:34
2 menit membaca

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Puspemkab Tangerang.(Foto : Restu/Suarabantennews).

TANGERANG (SBN) – Sebagai generasi milenial atau sebagai pemuda Indonesia merupakan salah satu tonggak yang paling kuat dalam pondasi Indonesia. Peran pemuda bagi kemerdekaan sangatlah penting. Pada tanggal 28 Oktober 1928, tercetuslah sumpah yang diucapkan oleh para pemuda Indonesia, yaitu Sumpah Pemuda.

Lahirnya sumpah pemuda adalah dalam rangka mewujudkan persatuan dan kesatuan antarorganisasi kepemudaan. Awal perjuangan para pemuda Indonesia memprakarsai Sumpah Pemuda 1928 adalah berdirinya Budi Utomo.

Maka itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengajak kepada seluruh pemuda milenial berpegang teguh pada adat dan tradisi bangsa Indonesia.

“Pemuda milenial tetap berpegang kepada adat, budaya, dan tradisi bangsa indonesia,” ucapnya saat upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10/2019).

Ia mengatakan, bangsa indonesia telah dikarunai keragaman, baik suku, budaya dan tradisi. Tentunya ini merupakan sebuah kekuatan dalam memperkuat negara kesatuan republik indonesia (NKRI).

“Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika. Ini merupakan perekat yang harus dipertahankan,” ujarnya.

Ia menyebut, melalui momentun hari sumpah pemuda ini, para pemuda yang berada di seluruh penjuru Indonesia mampu berkomitmen dalam memegang sumpah para pemuda yang terdahulu.

“Dengan kemajuan teknologi bagaikan pisau bermata dua, bisa positif dan negatif, semoga yang positifnya bisa lebih banyak,” tandasnya.

Dengan teknologi, kata Zaki, menghubungkan semua kepulauan dari Sabang hingga Merauke dengan mudah bisa dilakukan. Dengan mudahnya komunikasi, justru harus dipergunakan dengan cara positif, arif dan bijak untuk memperekat dan memperkuat bangsa Indonesia.

“Agar pemuda mandiri, mereka harus mau bekerja keras, pantang menyerah, berusaha dan berkembang baik untuk diri sendiri dan lingkungan,” tutupnya.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan