Peringati Hari Stroke Sedunia, RSUD Cilegon Gelar Senam Otak

Ramzy
29 Okt 2019 16:45
2 menit membaca

Staf RSUD Kota Cilegon bersama masyarakat bersenam otak pada peringatan Hari Stroke Sedunia di lobbi RSUD Cilegon, Selasa (29/10/19)

CILEGON (SBN) — Memperingati Hari Stroke Sedunia, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Cilegon menggelar senam otak di lobbi RSUD Cilegon, Selasa (29/10/19). Senam otak itu diikuti ratusan staf rumah sakit dan masyarakat.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Kota Cilegon Hanna Johan menjelaskan, mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh sebab itu, pihaknya menyelenggarakan senam otak sebagai upaya untuk mencegah agar tidak terkena penyakit strok melalui aktivitas fisik.

“Aktivitas fisik, seperti senam, harus dilakukan untuk mengurangi risiko gula darah dan kolesterol tinggi agar tidak mudah terserang strok,” katanya saat membuka peringatan Hari Stroke Sedunia.

Hanna menambahkan, senam otak ini merupakan motivasi bagi para pasien dan warga untuk selalu hidup sehat dan diharapkan kegiatan itu bisa rutin dilakukan.

“Minimalnya, seminggu sekali untuk mengurangi resiko strok. Jika GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), minimal 30 menit per harinya,” imbuhnya.

Sementara itu, Dokter Spesialis Syaraf di RSUD Kota Cilegon, Mila Aryani mengungkapkan, strok merupakan penyakit tidak menular yang sangat membunuh. Menurut data, 1 dari 4 orang berpotensi terserang strok.

“Pada 2018, masih 1 berbanding 6. Sekarang (2019), sudah mencapai 1 berbanding 4. Karena itu, diharapkan peningkatan tersebut bisa dicegah dengan pola hidup dan pola makan yang sehat,” jelasnya. (Wawan/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan