BNN Provinsi Banten Dorong OPD dan DPRD Gelar Tes Urine Mandiri

Ramzy
21 Nov 2019 09:54
2 menit membaca

Suasana rakor BNN bersama OPD di Kota Cilegon

CILEGON (SBN) — Guna mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Anggota DPRD, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten mengusulkan agar instansi pemerintah, khususnya di Kota Cilegon, melakukan tes urine secara mandiri.

“Nanti akan kita dorong di semua lingkungan kerja, termasuk instansi pemerintah, swasta, dan DPRD untuk melakukan pencegahan secara mandiri, baik melalui sosialisasi maupun dengan menggelar tes urine.Nanti BNN membantu pelaksanaannya,” kata Kepala BNN Provinsi Banten Brigjen Pol Tantan Sulistyana usai mengisi materi rapat koordinasi dengan OPD (organisasi pemerintahan daerah) di Hotel Bintang Laguna, Kota Cilegon, Rabu (20/11/19).

Ia juga mengungkapkan, menurut survei 2017, pengguna narkoba dikelompokkan menjadi tiga: pelajar, pekerja, dan masyarakat. Dari ketiga kelompok itu, pengguna paling banyak (59%) adalah kelompok pekerja. Pada 2018, LIPI dan BNN kembali menggelar survei dan mendapati sekitar 1,5 juta (2,1%) dari 74 juta pekerja formal seluruh Indonesia adalah pengguna.

“Itu terdiri dari seluruh pekerja formal, baik pemerintah maupun swasta. Memang, angka kasus tersebut terbilang banyak. Namun, kembali kami mengingatkan agar masyarakat tidak boleh lengah, karena narkoba bisa masuk ke semua lapisan masyarakat,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Kepala BNN Kota Cilegon AKBP Asep Muksin Jaelani. Menurutnya, untuk melihat indikator darurat narkoba, salah satunya adalah aparat terjerat. Bahaya narkoba bisa menjerat siapa saja, termasuk polisi, tentara, dan ASN. Jika disinyalir, di wilayah Kota Cilegon juga pasti ada.

“Pasti ada, tapi kita kan tidak bisa menuduh. Oleh karena itu, diharapkan OPD ini dapat membentengi diri sendiri, salah satunya dengan menggelar tes urine, sehingga bisa melakukan pencegahan di internalnya sendiri,” katanya.

Untuk DPRD, lanjut Asep, pihaknya menyerahkan kepada Ketua DPRD mengenai bagaimana menjaga integritas dalam pencegahan dini bahaya narkoba.

Salah seorang ASN Kota Cilegon, Ikoh Atikoh, menyatakan mendukung penuh rencana BNN melakukan tes urine di kalangan pegawai negeri sipil di Kota Cilegon. (Wawan/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan