4.000 Nakes di Banten Tak Memenuhi Syarat untuk Divaksin

Joe
4 Jan 2021 18:58
1 menit membaca

SERANG (SBN)Vaksin Sinovac tahap pertama telah tiba di Banten dan disimpan di gudang farmasi Banten, Jalan Syekh Nawawi Albantani, Banjarsari, Kota Serang, pada Minggu, 3 Januari 2021 malam.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat meninjau mengatakan vaksin tahap pertama ini diperuntukkan kepada tenaga kesehatan (nakes) sebagai garda terdepan melawan persebaran virus covid-19.

Vaksin tahap pertama ini akan diberikan kepada tenaga medis dan aparat lapangan. Kita sudah mengecek kondisi, penempatan, dan jumlah vaksin,” kata Andika, Senin, 4 Januari 2020.

Dia menjelaskan, jumlah vaksin tahap pertama ini sekitar 14 ribu botol dari total jatah Provinsi Banten sekitar 81 ribu botol.

“Rencana pelaksanaannya sebelumnya tanggal 25 Januari, tetapi Pak Jokowi menginginkan agar dimajukan ke tanggal 14 Januari,” ucapnya.

Dia menuturkan, hampir 90 persen nakes sudah mendaftarkan diri. Namun, ada beberapa yang tidak memenuhi kriteria untuk divaksin.

“Kurang lebih ada 40 ribu dari 41 ribu orang. Hanya sekitar 36.000 yang memenuhi persyaratan, sementara 4.000 sisanya tidak bisa dilakukan karena mempunyai penyakit penyerta,” jelasnya.

Sementara itu, vaksinasi untuk aparat akan dilakukan pada tahap kedua, yaitu bulan Februari, dan untuk masyarakat akan dilakukan pada tahap ketiga, yaitu bulan Maret.

“Untuk masyarakat nanti bulan Maret. Kita prioritas pihak-pihak yang langsung bersentuhan dengan penanganan pandemi covid-19 ini,” tandas Andika. (Hendra/zie/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan