Antisipasi Cuaca Buruk, Basarnas Banten Siagakan Tim SAR dan Kapal Patroli

Joe
23 Des 2020 17:38
1 menit membaca

CILEGON (SBN) – Basarnas Banten menyiapkan posko siaga di Dermaga 3 Pelabuhan Merak, Banten, sebagai upaya siaga angkutan Natal dan Tahun Baru 2021. Demikian dikatakan Zainal Arifin selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Banten, Rabu (23 Desember 2020).

Menurutnya, pelaksanaan siaga angkutan Natal dan Tahun Baru akan berlangsung hingga 4 Januari 2021 guna mendukung kelancaran angkutan penumpang di Pelabuhan Merak dan kawasan wisata di seluruh pantai di Banten.

“Kita dirikan posko di Pelabuhan Merak dengan 4 personel yang bertugas setiap hari dan yang lainnya tetap siaga. Untuk evakuasi korban kita siapkan peralatan, termasuk alat selam, serta kapal patroli yang kita siapkan di Pelabuhan Indah Kiat,” katanya.

Zaenal menambahkan, petugas SAR dan alat utama kapal patroli, seperti KN Drupada dan KN Basudewa, serta 50 petugas disiagakan dan disebar di tempat-tempat wisata untuk mewaspadai kondisi darurat dalam penyelamatan dan evakuasi. Ini sebagai antisipasi jika terjadi gangguan yang mengancam keselamatan penumpang atau wisatawan.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini persiapan penyiagaan patroli SAR dengan menerapkan protokol kesehatan oleh para anggota SAR.

“Kita juga mengimbau pengguna jasa penumpang di Pelabuhan Merak dan wisatawan pantai untuk berhati-hati bila sewaktu-waktu terjadi cuaca buruk. Lebih baik tunda perjalanan dan bila perlu tetap berdiam di rumah,” tutupnya. (Wawan/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan