Untuk Redam Suhu Politik, Tokoh Masyarakat Minta Kedepankan Politik Santun

Joe
12 Agu 2020 10:47
2 menit membaca

CILEGON (SBN) — Salah satu tokoh masyarakat Kota Cilegon meminta masyarakat untuk tidak terpancing posting-posting media sosial seperti Facebook yang bernada provokatif karena dapat memicu suhu perpolitikan menjadi semakin meninggi. Demikian kata Abah Salim di kediamannya, Rabu (12 Agustus 2020).

Selain seorang tokoh masyarakat Kota Cilegon, Salim yang biasa disapa sebagai Abah Salim juga dikenal sebagai seorang pengusaha. Menurutnya, media sosial menjadi salah satu tempat ekspersi yang mengkhawatirkan karena kerap terdapat posting dengan nada saling ejek dan saling sindir. dan sebagai. Hal itu tampak berseliweran di beranda Facebook maupun di grup-grup Whatsapp.

“Saya kira semua unsur penyelenggara pemilu, seperti bapaslon dan tim-tim pemenangannya dapat memantau pergerakan pendukungnya di media sosial,” lanjutnya.

Ia menambahkan, sikap politik santun perlu diajarkan atau dicontohkan kepada para pendukung di akar rumput. Jika tim-tim pemenangan dari masing-masing bapaslon tidak menjadi contoh yang baik serta tidak mengajarkan politik santun, maka sikap-sikap itu akan dicontoh para pendukungnya di tingkat akar rumput.

“Kita harus bisa jadi contoh buat adik-adik kita di bawah,  sekaligus mengajarkan bagaimana berpolitik santun, karena pendukung di akar rumput akan mencontoh kita,” ujarnya.

Masih kata Salim, selain para tokoh masyarakat dan tim pemenangan masing-masing calon kandidat, para pemangku kepentingan yang lain, seperti KPU dan Bawaslu, juga harus bersikap adil dan berimbang karena sikap adil justru menjadi hal utama menekan potensi terjadinya suhu panas politik.

Memanasnya suhu politik terjadi seminggu belakangan ini di media sosial Facebook karena banyak simpatisan dari masing-masing kubu calon membuat lamannya sendiri. Tidak sedikit nada provokatif berseliweran di status-status mereka. (Wawan/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan