Jelang Pilkada, Wagub Lantik Pjs. Bupati Pandeglang dan Serang

Joe
26 Sep 2020 17:24
2 menit membaca

KOTA SERANG (SBN) — Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy melantik dua pejabat Eselon II Pemprov Banten menjadi penjabat sementara (Pjs.) bupati di dua kabupaten di Banten yang menyelenggarakan Pilkada tahun ini. Pejabat itu adalah Kepala Biro Pemerintahan Gunawan Rusminto yang dilantik menjadi Pjs. Bupati Pandeglang, dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Ade Aryanto menjadi Pjs. Bupati Serang.

Dalam amanatnya, Wagub Banten berpesan agar keduanya dapat segera mempersiapkan segala sesuatu berkaitan dengan penyelenggaraan pilkada di wilayahnya masing-masing dan penanganan covid-19, khususnya penerapan protokol kesehatan di masyarakat kedua wilayah tersebut.

“Tugas utama Pjs kepala daerah adalah memfasilitasi penyelenggaraan pilkada serta menjaga netralitas ASN. Namun, karena digelar di tengah pandemi, saya berpesan agar para Pjs dapat menyukseskan penyelenggaraan pilkada ini tanpa membahayakan keselamatan dan kesehatan masyarakat,” kata Wagub dalam sambutannya pada pelantikan yang digelar di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, Sabtu (26/9/2020).

Untuk itu, Wagub meminta Gunawan dan Ade segera melakukan konsolidasi dengan KPU, Bawaslu, TNI, Polri, dan perangkat daerah di lingkungan pemda masing-masing agar kondusivitas, ketentraman, dan ketertiban masyarakat serta netralitas PNS terjaga selama tahapan pilkada.

Wagub menambahkan, Pemerintah Provinsi Banten telah menerbitkan Peraturan Gubernur Nomor 38 Tahun 2020 tentang Penerapan Sanksi dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam upaya mencegah penyebaran virus korona sebagai tindak lanjut atas Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020.

“Ini agar pilkada yang diselenggarakan di tengah pandemi tetap dapat terselenggara dengan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi,” ujarnya.

Wagub juga mengingatkan agar penyediaan alat pelindung diri (APD), sterilisasi bilik suara, sarung tangan, dan hand sanitizer sesuai protokol kesehatan penanganan covid-19 diperhatikan secara seksama sehingga anggarannya dapat terakomodasi dalam anggaran penyelenggaraan pilkada oleh pemda masing-masing.

Usai pelantikan, Ade Aryanto mengaku akan melaksanakan amanat sebagai Pjs. Bupati Serang tersebut dengan sebaik-baiknya dan akan segera melakukan konsolidasi internal di Pemkab Serang dan eksternal dengan instansi terkait untuk menyukseskan pilkada. (Hendra/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan