Libur Natal dan Tahun Baru, Pemkot Tangerang Gelar Ramp Check Kendaraan

Ramzy
23 Des 2019 12:58
2 menit membaca

TANGERANG (SBN) – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mempersiapkan sejumlah langkah demi meningkatkan pelayanan di sektor transportasi menjelang libur panjang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Salah satunya mereka menggelar ramp check (pemeriksaan kendaraan) terhadap moda transportasi darat di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Senin, 23 Desember 2019, dengan dipimpin langsung Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah.

Arief menyatakan, kegiatan yang dilaksanakan hari ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi keselamatan kepada masyarakat khususnya di lingkungan para pengelola angkutan dan para penumpang angkutan lainya guna meningkatkan keselamatan.

Sasaran utama ramp check ini, lanjut dia, adalah bus pengangkut masyarakat sebagai pengguna jasa layanan angkutan di musim libur natal dan tahun baru serta kendaraan pengangkut barang.

“Ini untuk menguji kesiapan angkutan bus yang hendak keluar dari Kota Tangerang di libur natal dan tahun baru ini,” kata Arief.

Ia menjelaskan, pengontrolan secara teknis terdiri dari beberapa sistem persyaratan begitu juga dengan kelaikan kendaraan sebagai kondisi minimal suatu kendaraan dilakukan pengecekan terhadap banyak hal. Misalnya ban, rem, kaca dan lampu atau penerangan kendaraan.

“Ramp check dilakukan untuk menghindari ketidaksiapan kendaraan angkutan saat membawa penumpang. Ramp check difokuskan pada tiga unsur penting yakni administrasi, teknis dan penunjang. Sedangkan unsur administrasi meliputi SIM, STNK, Surat Tanda Uji Kelayakan (STUK), dan kartu pegawai,” paparnya.

Lebih lanjut disampaikan, pihaknya ingin menjamin keselamatan dan keamanan masyarakat sebagai pengguna jasa layanan angkutan umum di jalan agar mereka tidak menjadi korban akibat kelalaian dari operator bus.(Yadi/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan