Juli 2020, Tol Serang–Panimbang Wilayah Pandeglang Mulai Dikerjakan

Ramzy
10 Jan 2020 13:09
2 menit membaca

PANDEGLANG (SBN) — Kepala Tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Serang–Panimbang Sektor III Kementerian PUPR Ibrahim Hasan mengatakan, pembangunan kontruksi jalan tol Serang–Panimbang untuk wilayah Pandeglang akan segera di kerjakan mulai Juli mendatang.

Demikian disampaikan Ibrahim Hasan usai menghadiri rapat percepatan progres jalan Tol Serang–Panimbang bersama Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban, Kepala Kejaksaan Negeri Pandeglang Nina Kartini, beserta pemangku kepentingan terkait di Ruang Garuda, Kamis (9/1/2020).

Ibrahim juga mengatakan, memang saat ini masih ada beberapa kendala terkait lahan, terutama terkait alas hak atas tanah karena memang di Kabupaten Pandeglang lebih banyak alas hak itu bukan satu tingkat, melainkan dari Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT), sementara SPPT itu bukan alas hak.

“Jadi, kami harus memastikan tidak terjadi salah pembayaran kepada warga,“ kata Ibrahim.

Ia menambahkan, pembangunan jalan Tol Serang–Panimbang untuk wilayah Pandeglang ditargetkan selesai akhir 2021. Sampai saat ini, progresnya sudah  73 persen. Memang berbeda dengan Serang dan Lebak yang ditargetkan akhir 2020 harus sudah beroperasi.

“Jadi, memang Kabupaten Pandeglang paling akhir. Akan tetapi, sesuai dengan rencana, bulan Juli mendatang pembangunan fisik jalan Tol Serang–Panimbang akan dikerjakan. Adapun masih adanya kendala saat ini akan segera kami selesaikan, tentunya dengan berkoodinasi dengan semua pihak,“ tuturnya.

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban mengatakan, Pemerintah daerah akan terus mendukung agar pembangunan Tol Serang–Panimbang cepat terlaksana. Apapun bentuk kebutuhanya, apakah itu pembebasan lahan, mediasi, sosialisasi, dan sebagainya Pemkab siap membantu Pemerintah Pusat.

“Karena memang pembangunan tol ini problemnya sangat kompleks, terutama pembebasan lahan karena hal tersebut berkaitan dengan berbagai pihak, baik itu institusi vertikal dan yang paling utama adalah masyarakat,” katanya.

Tanto menambahkan, pembangunan Tol Serang–Panimbang merupakan kunci keberhasilan pembangunan bagi masyarakat Pandeglang.

“Oleh karena itu, Pemkab Pandeglang bersemangat sekali dengan adanya proyek strategis nasional Tol Serang–Panimbang karena tol tersebut akan membuka gerbang kemajuan bagi masyarakat dan Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Hadir pula dalam kegiatan rapat tersebut, Kepala Badan Pertanahan Negara (BPN) Pandeglang Agus Sutrisno, Assisten Ekbang Indah Dinarsiani, serta perwakilan instansi sektor lainya, baik dari Pemprov Banten maupun Pemkab Pandeglang. (Rls/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan