SP Online di Kabupaten Tangerang Baru Tembus di Angka 0,14 Persen

Ramzy
20 Feb 2020 12:48
2 menit membaca

TANGERANG (SBN) — Sensus Penduduk (SP) Online yang dimulai sejak 15 Februari 2020 hingga saat ini. Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang merilis data yang tembus baru diangka 0,14 persen dari sasaran target yang ditentukan sebesar 20 persen.

“0,14 persen artinya baru sekitar 1.000 KK dengan akumulasi 5.000 penduduk dari seluruh penduduk di Kabupaten Tangerang yang sudah terdaftar,” ujar Lestari Kasubag Tata Usaha BPS Kabupaten Tangerang saat ditemui SuaraBantenNews, Kamis, 20 Februari 2020.

Menyikapi hal ini, Lestari beranggapan bahwa angka ini masih sangat jauh dari sasaran target yang ditentukan. Lantaran melihat jumlah penduduk Kabupaten Tangerang yang terdata di Kantor BPS mencapai sekitar 3,6 juta jiwa.

“Sekarang baru mencapai 5.000 penduduk, tentu hal ini menjadi kerja keras kita bersama,” ungkapnya.

Ia menambahkan, hal ini disebabkan lantaran masih banyaknya warga Kabupaten Tangerang yang masih belum mengerti tentang tata cara sensus penduduk online.

“Masalahnya, saat sosialisasi di OPD, mereka banyak yang tinggal di luar Kabupaten Tangerang dan waktunya pun terbatas,” tandasnya.

Selain itu, kata Lestari, saat sosialiasi kepada kepala desa, ada kepala desa yang kurang mengerti dengan tata cara, dikarenakan keterbatasan usia. Apalagi menyampaikan ke RW dan RT, dan warganya, tentu hal itu sangat sulit dilakukan.

“Kesulitan mereka karena banyak form yang perlu diisi. Ada 21 item pertanyaan yang harus diisi setiap orangnya. Khawatir salah mereka lebih memilih menunggu petugas yang datang ke rumah,” tandasnya.

Diketahui sensus penduduk online ini yang akan berakhir pada 31 Maret 2020 ini dilakukan dengan mandiri. Tidak ada pendampingan khusus yang dilakukan oleh BPS Kabupaten Tangerang saat mengisi. Usai sensus online berlangsung, petugas sensus akan menyisir dan mendatangi warga yang belum terdaftar.

“Saat ini, kepala keluarga dalam mengisi bisa dibantu atau didampingi oleh anggota keluarga yang lain atau tetanggga,” ungkapnya.

Seiring berjalannya sensus Online ini, BPS Kabupaten Tangerang tengah melakukan sosialisasi pada berbagai daerah di Kabupaten Tangerang. Dengan harapan agar target sensus penduduk online dapat selesai di waktu yang telah ditentukan.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan