Pemkot Tangerang Luncurkan Aplikasi e-Absen SD dan SMP

Joe
10 Mar 2020 14:05
2 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) — Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Tangerang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, melalui Dinas Pendidikan, meluncurkan aplikasi e-Absen untuk sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) negeri dan swasta di Kota Tangerang.

Peluncuran itu berlangsung di SMP Negeri 32 Kota Tangerang, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Selasa (10 Maret 2020).

Dalam sambutannya, Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengatakan, diresmikannya aplikasi absen bagi siswa SD dan SMP ini diharapkan dapat meningkatkan transparansi pendidikan sehingga pengawasan atas siswa dapat dilakukan bersama antara sekolah dan oarng tua.

“Guru dan orang tua murid bisa memonitor absensi putera-puterinya lansung melalui aplikasi Tangerang Live,” kata Arief.

Penggunaan aplikasi e-Absen ini, lanjut Arief, akan diterapkan secara bertahap, mulai sosialisasi hingga penggunaan aktual oleh tenaga pengajar dan orang tua.

“Saya harap nantinya para guru dan orang tua terbiasa menggunakan aplikasi ini dan nantinya para guru juga harus terbiasa dan disiplin dalam mengisi absensi para murid didiknya di sekolah,” ucapnya.

Arief mengungkapkan, aplikasi e-Absen ini merupakan pengembangan dari aplikasi pendidikan sebelumnya, yaitu e-Raport.

“Jadi, nanti saya ingin semua data dan informasi pendidikan di Kota Tangerang agar bisa diakses melalui aplikasi Tangerang Live,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Masyati Yulia menambahkan, aplikasi e-Absen dilatarbelakangi kebutuhan untuk menfasilitasi orang tua agar bisa memantau perkembangan pendidikan putra-putrinya.

“90 persen sudah bisa digunakan di SD dan SMP di Kota Tangerang, baik negeri dan swasta, dan kurangnya 10 persen lagi yang belum di sekolah swasta,” ungkapnya. (Yadi/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan