RSUD Kota Tangerang Rujuk Satu Pasien PDP ke RS Persahabatan

Joe
13 Mar 2020 20:16
2 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) — Kalangan wartawan sempat geger melihat video yang beredar tentang dugaan adanya pasien positif terkena virus corona (Covid-19) keluar dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang.

Dalam video yang beredar tersebut terlihat seluruh perawat mengenakan pakaian lengkap dan sedang mengeluarkan pasien yang masih dalam keadaan terbungkus dari ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) ke dalam mobil ambulans.

Namun, pihak RSUD Kota Tangerang menegaskan bahwa pasien dalam video tesebut ialah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang hendak dirujuk untuk mendapatkan pengawasan khusus.

Dirut RSUD Kota Tangerang dr..Henny Herlina membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, saat ini kondisi pasien dalam pengawasan pihaknya.

“Itu ada satu pasien. Kami beri pengawasan dan akan kami rujuk,” katanya kepada Suarabantennews, Jumat (13 Maret 2020).

Namun ketika ditanya apakah pasien tersebut dinyatakan positif terkena corona, Henny enggan berkomentar.

“Terkait data pasien, di Indonesia itu yang berhak memberikan informasi adalah Kemenkes,”  katanya singkat.

Henny juga menegaskan hingga sampai saat ini, di RSUD Kota Tangerang hanya ada satu pasien yang dalam pengawasan corona.

“Cuma satu pasien,” tegasnya.

Pasien yang dalam pengawasan itu berjenis kelamin laki-laki, warga Kota Tangerang, dan rencananya akan di rujuk ke ke Rumah Sakit lain.

Kepala Sub Bagian Humas Kota Tangerang Buceu Gartina membenarkan bahwa pasien tersebut adalah pasien PDP.

“Maka sesuai dengan Protokol Kemenkes pihak RSUD Kota Tangerang merujuk pasien tersebut ke Rumah Sakit Persahabatan,” ungkapnya.

Namun, berkenaan dengan kondisi detail pasien tersebut, apakah positif atau negatif terjangkit virus corona, itu adalah kewenangan Kemenkes sesuai dengan protokol yang ada, pungkasnya. (Yadi/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan