Kamar Tim Medis RSUD Banten Dinilai Tidak Layak, Pemprov Akan Cari Tempat Lain

Ramzy
2 Apr 2020 22:22
2 menit membaca

SERANG (SBN)— Kondisi tempat karantina atau mess bagi tenaga medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten ddinilai sangat memprihatinkan. Pasalnya dengan jumlah tim medis yang mencapai ratusan hanya ada beberapa kamar saja yang tersedia.

Komisi V DPRD Banten langsung melakukan sidak di tempat karantina tim medis, yaitu Pendopo Lama Gubernur Banten pada Rabu, 1 April 2020. Hasil dari sidak tersebut terlihat fasilitas kamar tim medis belum layak.

“Tadikan setelah dicek hanya disediakan kasur yang diletakkan di atas lantai.
Tidak hanya itu, dari delapan kamar yang ada, mayoritas kamar diisi oleh lebih dari 8 orang dengan posisi berdesak-desakan tanpa memprihatinkan faktor physical distancing. Bahkan ada satu kamar besar diisi oleh 24 orang sekaligus,” ucap anggota Komisi V DPRD Banten Fitron Nur Ikhsan saat sidak.

Padahal, pihak Pemprov Banten sempat mengungkap bahwa fasilitas untuk tenaga medis di Pendopo Lama Gubernur Banten itu setara dengan hotel bintang lima.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Banten Wahidin Halim mengaku akan mencarikan tempat tinggal atau tempat karantina lainnya untuk tenaga medis Covid-19 di Banten.

“Saya segera carikan lagi tempat untuk tempat karantina tenaga medis,” ujar Wahidin, Kamis, 2 April 2020.

WH mengatakan, secara tempat Rumah Dinas Gubernur di Pendopo Lama yang dijadikan tempat karantina tim medis secara bangunan sudah sangat layak, tetapi kamar untuk menampung tenaga medis masih kurang cukup kamarnya. Selain tenaga medis yang minat tinggal di karantina pun semakin bertambah.

“Insya Allah secepatnya, sabar dulu. Hotel tidak ada yang mau jadi tempat karantina. Kalau mau sudah dari awal ditempatkan di hotel,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan jika awalnya yang akan digunakan adalah gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Banten.

“Di gedung BPSDM lebih banyak kamarnya dan biasa dipakai pejabat ikut Diklatpim, tapi kejauhan akhirnya dibatalkan,” tambahnya.

Sampai dengan saat ini, sudah tercatat sebanyak 127 pegawai RSUD Banten yang terdiri dari 121 petugas kesehatan dan 6 dokter spesialis yang bertugas dalam penanganan pasien Covid-19 di RSUD Provinsi Banten, secara bergantian menggunakan fasilitas yang ada di Pendopo Lama.(Hendra/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan