Menko PMK Tinjau Penyaluran Bansos Tahap 1 di Kota Tangerang

Joe
11 Mei 2020 16:58
3 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) — Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau langsung penyaluran bantuan sosial (bansos) dari pemerintah pusat bagi masyarakat terdampak Covid-19 di Kota Tangerang yang berlangsung di Kantor Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Senin (11/5/20).

Pada peninjauan tersebut Menko PMK didampingi Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah yang juga sekaligus menyerahkan bantuan kepada masyarakat sekitar yang terdampak akibat wabah virus Covid-19 secara simbolis.

Muhadjir mengatakan terkait penyaluran bantuan sosial (bansos) di Kota Tangerang yang saat ini mulai disalurkan sudah berjalan dengan baik dan tidak terdapat hambatan dalam penyalurannya.

“Tidak ada temuan hambatan dilapangan, lancar-lancar saja dan bagus karena di Kota Tangerang sudah memiliki aplikasi Siaga Corona (Sigacor) yang sudah disediakan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terkait pendistribusi bantuan-bantuan sosial ini, sehingga bantuanya baik dari segi deliverinya (pengiriman) maupun sasaran itu sudah terverifikasi dengan baik kondisinya,” ujarnya di lokasi.

Karena, lanjut Muhadjir, hal tersebut terlihat dari gambar yang ada di dalam aplikasi sehingga untuk memverifikasi kartu keluarga (KK) penerima manfaatnya sudah tepat sasaran.

Dan ini, lanjutnya, saya kira bisa dicontoh untuk Daerah Kabupaten dan Kota yang lain karena berfungsi juga untuk mempermudah koordinasi antara Pusat dengan Daerah dalam mengatasi Covid-19.

“Saya kira bisa dicontoh untuk Daerah lain karena berfungsi juga untuk menunjukan kerja sama dengan pusat dalam melakukan penanganan baik dari segi penyakitnya maupun dampak yang diakibatkan seperti dampaknya sosial kemasyarakatan maupun dampak ekonominya, jadi itu sudah terpadu penanganannya di tingkat daerah dalam mempermudah koordinasi dengan pusat,” jelasnya.

Dirinya juga menilai terkait pendistribusian bansos dari Pemerintah pusat pada putaran tahap 2 nanti dapat berjalan dengan baik di Kota Tangerang.

“Ini baru putaran pertama ya, kalau dari putaran pertama saja sudah bagus saya yakin untuk putaran berikutnya akan semakin baik,” katanya.

Meski demikian dirinya juga menegaskan bahwa terkait penyaluran bansos ini pihaknya akan terus melakukan evaluasi dilapangan dengan tujuan agar bantuan ini betul-betul tersalurkan sesuai dengan apa yang diarahkan Presiden yaitu harus tepat sasaran.

“Akan terus kita evaluasi jadi jangan kaget kalau ditengah jalan ada perubahan-perubahan itu memang hasil dari monitoring saya dan tim,” ucapnya.

Jadi, lanjut Muhadjir, jika nanti ada perubahan terkait pemyalurannya jangan sampai masyarakat menilai bahwa Pemerintah tidak konsisten tetapi itu adalah bagian dari upaya Pemerinatah untuk melakukan perbaikan agar pendistribusian ini betul-betul tepat sasaran dan juga cepat karena masyarakat saat ini sudah menunggu.

“Jadi sambil berjalan kita perbaiki,” pungkasnya.

Sebagai informasi Pemkot Tangerang sendiri saat ini telah menerima Bansos tahap pertama dari Pemerintah pusat berupa 55.066 paket sembako yang sudah mulai didistribusikan kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 di Kota Tangerang melalui Kantor Pos yang disalurkan melalui Kecamatan dan Kelurahan di wilayah Kota Tangerang. (Yadi/Ded)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan