Banten Sudah Bisa Uji PCR Mandiri

Ramzy
11 Mei 2020 20:57
1 menit membaca

SERANG (SBN) — Per hari ini Senin, 11 Mei 2020, Provinsi Banten resmi memiliki laboratorium khusus Covid-19, sehingga sudah bisa melakukan pemeriksaan swab dengan metode Polimerase Chain Reaction (PCR) secara mandiri.

Seperti dilansir dari unggahan akun instagram resmi milik Gubernur Banten Wahidin Halim @wh_wahidinhalim,

“Provinsi Banten resmi memiliki laboratorium Covid-19 pada hari ini tanggal 11 mei 2020. Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Banten siap melayani rujukan Covid-19 karena telah mendapatkan ijin dari Kementerian Kesehatan sebagai lab rujukan dengan cara swab tes PCR,” tulis WH pada akunnya tersebut disertai unggahan video.

Sementara itu, Kepala Dinkes Provinsi Banten, Ati Pramudji Astuti mengatakan,
dengan dikeluarkannya SK ini, proses penanganan pasien Covid-19 di Provinsi Banten akan menjadi lebih cepat, karena tidak harus menunggu hasil PCR dari Balitbang Kemenkes terlebih dahulu yang cukup memakan waktu.

“Hal seperti inilah yang sering membuat data pasien Covid-19 di daerah dengan pusat tidak sama,” katanya.

Ketua Jubir Covid-19 Provinsi Banten itu melanjutkan, dalam sehari nantinya Labkesda bisa melakukan 45 sampel, yang kemudian akan dilakukan sejumlah rangkaian proses dari mulai extraksi, mixing sampai dengan pembacaan PCR.

“Semua proses itu membutuhkan waktu sekitar 6,5 jam. Jadi nanti bisa lebih cepat kami mengetahui status si pasien yang bersangkutan,” tandasnya.(Hendra/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan