Masih Pancaroba, Hari Raya Idul Fitri Berpotensi Hujan

Ramzy
22 Mei 2020 12:39
1 menit membaca

SERANG (SBN) — Beberapa hari lagi umat muslim dunia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Sementara berdasarkan Badan keterangan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas 1 Serang saat ini masih memasuki musim pancaroba atau peralihan.

“Karakteristik dari musim pancaroba di Banten adalah hujannya cukup lebat dengan intensitas tinggi, tapi waktunya sangat pendek. Biasanya sore dan malam hari. Jadi hujannya mendadak,” ucap Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Klas 1 Serang Trian Asmarahadi saat ditemui di Kantornya, Kota Serang, Kamis, 21 Mei 2020.

Terkait hujan yang cukup lebat beberapa waktu lalu, sambungnya, dikarenakan adanya tekanan rendah atau pusaran tekanan rendah disebelah barat Lampung yang menyebabkan adanya konvergensi di wilayah Lampung dan Banten.

“Ini yang menyebabkan adanya pertumbuhan awan yang signifikan di wilayah Lampung dan Banten khususnya Serang cilegon dan sekitarnya,” katanya.

Selain itu, berdasarkan prediksi untuk wilayah Banten mayoritas di bulan juni awal sudah musim kemarau, tapi tidak menutup kemungkinan ada hujan ringan, tapi tidak seekstrim sekarang.(Hendra/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan