Ibadah Salat Jumat Kembali Digelar di Masjid Agung Al-Amjad Kabupaten Tangerang

Ramzy
5 Jun 2020 15:41
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Pelaksanan ibadah salat Jumat kembali digelar di Masjid Agung Al-Amjad, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Sebelumnya, pada pertengahan Maret 2020, pemerintah melalui MUI Kabupaten Tangerang meniadakan salat Jumat dan mengganti dengan salat zuhur.

Per tanggal 1 Juni yang lalu, sarana ibadah kembali dibuka, asalkan sejumlah protokol kesehatan diberlakukan. Hal ini dilakukan setelah pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tangerang sepakat.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, hari ini salat Jumat kembali dilaksanakan di Masjid Agung Al-Amjad. Tentunya dalam pelaksanaan ini, kata dia, menerapkan protokol kesehatan senantiasa dilakukan guna mencegah penularan Covid-19.

“Protokol kesehatan yang dilakukan pengelola masjid di antaranya seperti memberikan jarak antar jemaah sekitar 1 meter hingga melakukan pemeriksaan suhu tubuh,” ungkapnya, Jumat, 5 Juni 2020.

Dalam pelaksanaan, lanjut Zaki, dilakukan pemberian jarak dengan garis-garis yang sudah dibuat, kemudian juga meminta kepada setiap jemaah diminta untuk membawa peralatan ibadah masing-masing ditambah menggunakan masker.

Sementara itu, Humas Masjid Al Amjad, Hermanto mengatakan untuk mengantisipasi banyaknya jemaah yang datang, pengelola masjid juga memasang tenda yang dikhususkan untuk ibadah salat Jumat. Tenda dengan luas sekitar 25×25 meter persegi itupun dipasang di halaman masjid dan juga dipasang garis jarak antar jemaah.

“Untuk kapasitas kami tidak melakukan pembatasan lantaran masyarakat yang melakukan salat Jumat di masjid tersebut bisanya memang tidak terlalu banyak,” ungkapnya.

Menurutnya, tidak lakukan pembatasan, karena daya tampung masjid ini cukup banyak dengan kurang lebih 16 ribu jemaah. Nanti apabila terdapat banyak jemaah yang akan solat, maka area parkir bisa gunakan untuk lokasi ibadah.

“Jalan di depan masjid akan kita tutup sebagai ganti untuk tempat parkir, hal ini sudah dalam pembicaraan kami dengan pemerintah daerah,” jelasnya.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan