Pemkot Tangerang Timbun Sampah Daun untuk Pembibitan

Joe
5 Jun 2020 17:58
2 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) — Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) melakukan pembibitan secara mandiri di tengah pandemi covid-19. Pembibitan ini dilakukan secara swadaya oleh para pegawai di lingkup Pemkot Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengatakan, di tengah pandemi yang sedang terjadi saat ini, bukan hanya sektor swasta dan masyarakat yang terdampak, tetapi juga pemerintahan. Dalam hal lingkungan hidup, hal ini membuat Pemkot Tangerang berinisiatif untuk membuat pupuk pembibitan pohon secara mandiri.

“Kita berdayakan seluruh kemampuan dan pegawai untuk melakukan pembibitan dengan menimbun sampah-sampah daun,” ujar Arief saat memantau kegiatan pembibitan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Kota Tangerang, Jumat (5/6/20).

Jika nanti sampah-sampah ini menjadi pupuk, tutur Arief, akan digunakan untuk pembibitan demi memenuhi kebutuhan pemupukan tanaman di taman-taman Kota Tangerang.

“Kita juga akan menggandeng semua Rumah Potong Hewan (RPH) yang ada  di Kota Tangerang agar memberikan kotoran sapinya untuk kita olah kembali menjadi sampah organik sehingga bisa lebih bermanfaat,” ucapnya.

Menurut Arief, dengan upaya ini selain dapat menghemat biaya proses pembuatan pupuk secara alami, pembibitan ini juga dapat mengurangi volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing.

“Nanti akan kita dorong sampah-sampah seperti daun, ranting, dan sampah organik lainnya yang berasal dari taman-taman tematik dan hasil sapuan jalan-jalan di Kota Tangerang bisa dijadikan bahan untuk pembuatan pupuk dan pembibitan. Saya yakin hal tersebut bisa mengurangi sedikit demi sedikit kontribusi penambahan tonase sampah ke TPA Rawa Kucing,” katanya.

Arief pun mengakui bahwa kota yang dipimpinnya ini dipenuhi oleh kerindangan pepohonan sehingga terlihat lebih asri dan udaranya  lebih sejuk dan sehat.

Untuk itu, Arief pun berharap kegiatan ini juga dapat dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat karena ia menilai, semakin banyak yang melakukan, semakin sehat pula lingkungan di Kota Tangerang.

“Saya juga menargetkan pupuk-pupuk tersebut nantinya dapat memenuhi sebanyak lima ribu bibit pohon dalam satu hari pada taman-taman di Kota Tangerang,” pungkas Arief. (Yadi/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan