Ratusan Anggota Pramuka Banten Ikuti Perkemahan Wirakarya Daerah 2019

Ramzy
19 Jun 2019 17:40
2 menit membaca

PANDEGLANG (SBN) – Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Banten menggelar Perkemahan Wirakarya Daerah ke-III tahun 2019. Kegiatan ini diikuti oleh Ratusan Anggota Pramuka Penegak dan Pandega dari 8 Kabupaten dan Kota di Provinsi Banten yang digelar dari pada tanggal 18 hingga 23 Juni, di Bumi Perkemahan Cikujang, Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang.

Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan bakti pramuka ke masyarakat secara langsung. Baik dalam bentuk bakti secara fisik, maupun berupa penyuluhan ke masyarakat. PWD tahun ini mengambil tema “Berkarya dan Berrbakti Menuju Pramuka Menginspirasi”.

Menurut Ketua Kwarda Banten, Mohammad Masduki, perkemahan selama 6 hari kedepan merupakan wujud nyata anggota Gerakan Pramuka dalam mengamalkan Dharma Bakti kepada masyarakat.

“Pramuka hadir ditengah-tengah masyarakat, dan keberadaannya harus bisa dirasakan manfaatnya,” ujar Masduki.

Ketua pelaksana PWD III, Asep Syaikhuddin menjelaskan, selama berkemah para anggota pramuka akan membuat saluran air bersih untuk masyarakat sekitar.

“Kita akan membuat pipanisasi saluran air bersih dari mata air diatas bukit hingga ke rumah-rumah warga. Ya panjangnya sekitar 600 meter,” katanya.

Selain itu, anggota pramuka yang didampingi oleh tim penyuluh juga akan mensosialisasikan bahaya narkoba, pemberian pupuk untuk petani, serta pembuatan tempat pembuangan sampah untuk warga.

Dalam pembukaan kegiatan PWD III dihadiri oleh para ketua Kwarcab dari 8 kabupaten dan kota, unsur TNI, Kepolisian, serta Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Banten.(res)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan